EVALUASI PENERIMAAN JEJARING SOSIAL GOOGLE+ PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI WILAYAH JAKARTA SELATAN

Fitriana Destiawati, Tri Yani Akhirina, Abdul Mufti

Abstract


Berdasarkan hasil penelitian pada tahun pertama siswa SMA di DKI Jakarta penerapan teknologi jejaring social Google+ sudah siap dan menerima teknologi jejaring sosial Google+ akan tetapi tidak sampai pada penggunaan secara terus menerus. Oleh sebab itu perlu adanya pengembangan penelitian yaitu dengan menggunakan model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT). Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi mengenai penerimaan jejaring sosial Google+ yang telah dilakukan pada penelitian tahap pertama. Berdasarkan hasil penelitian tahap pertama masih dirasa kurang bisa diterima jejaring sosial Google+ sebagai media pembelajaran siswa Sekolah Menengah Atas. Penelitian kali ini diharapkan mampu menerapkan Google+ sebagai jejaring sosial yang dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas lebih. Metode yang digunakan untuk pengolahan data adalah menggunakan teknik analisa Structural Equation Model (SEM). Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan teknologi Google+ dikalangan siswa SMA sangat dipengaruhi oleh kondisi fasilitas pendukungnya baik untuk siswa perempuan maupun laki-laki. Jika kondisi lingkungan dan fasilitas pendukungnya baik, maka minat siswa SMA untuk menggunakan teknologi Google+ akan semakin besar.


Full Text:

PDF

References


Venkatesh, V, Morris, MG., Davis, G.B., Davis, F.D., 2003, User acceptance of information technology toward a unified view, dalam MIS Quartely.

Ghozali, Imam. 2008. Model Persamaan Struktural : Konsep dan Aplikasi denagn Program AMOS 16.0. Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro

Widodo, Prabowo Pudjo. 2006. Langkah-langkah Dalam SEM Pemodelan Persamaan Struktural, Seri SEM. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.