PERANAN FORUM ONLINE MENGGUNAKAN PHPBB PADA PERGURUAN TINGGI

Aris Martono, Siti Fatimah, Iis Ariska Wulandari

Abstract


   Internet bukanlah hal yang asing lagi bagi setiap manusia. Internet bahkan sudah menjadi hal yang mutlak bagi manusia untuk memudahkan dalam berkomunikasi. Maka dari sinilah yang menyebabkan terlahirnya komunitas-komunitas dalam dunia maya atau Internet. Komunitas ini merupakan sebuah komunitas maya antar pengguna Internet dimana proses interaksi mereka melalui media yang ada tanpa bertemu secara langsung. Tumbuhnya komunitas- komunitas online didukung oleh banyaknya aplikasi- aplikasi yang disediakan oleh para pengembang software untuk mendukung kegiatan tersebut. Perguruan Tinggi sebagai sebuah institusi yang memiliki civitas cukup besar memerlukan sebuah tempat untuk bertemu dan berdiskusi dalam dunia maya mengenai segala hal tentang kampus tanpa terpengaruh oleh ruang dan waktu. Forum online yaitu tempat untuk menjembatani kesamaan hobi, aktifitas, pendapat ataupun keinginan antar stake-holder (dosen, mahasiswa dan manajemen) pada perguruan tinggi di media Internet. Dengan forum online para stake- holder (dosen, mahasiswa, dan manajemen) dapat saling memberikan ide, informasi, dan berkomunikasi satu sama lain. Untuk itu dibangunlah forum online menggunakan aplikasi CMS phpBB. phpBB memungkinkan pengembangan serta pengelolaan forum lebih mudah. phpBB merupakan aplikasi Open Source yang dapat diperoleh secara gratis, dan dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. 


Full Text:

PDF

References


Amiral, Muhammad. “Analisis Dan Implementasi Forum Diskusi Menggunakan PHPBB 3.04 di PDSI ITI. Tangerang” : PDSI ITI, 2009.

Fatimah, Siti. “Analisa Sistem FoX Menggunakan phpBB Sebagai Forum Online Pada Perguruan Tinggi Raharja”. Tangerang : STMIK Raharja, 2014

Jasmadi dan E-media Solusindo. “Membangun Komunitas Online Secara Praktis Dan Gratis”. Bandung: Elex Media Komputindo, 2008.

Laksamana Media. “Membangun Forum Diskusi Online dengan phpBB”. Yogyakarta : MediaKom, 2009.

Muhamad Yusup, Sri Rahayu, Desi Ermita. “Desain Forum Diskusi Mahasiswa Sebagai Media Pembelajaran iLearning Pada Perguruan Tinggi”. Tangerang : CCIT Journal Perguruan Tinggi Raharja, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.