RANCANGAN ROUTING PROTOCOL DLD-LEACH (DUAL LEVEL DYNAMIC-LEACH) PADA WIRELESS SENSOR NETWORK

Reza Wardhana, Lukito Edi Nugroho, Widyawan Widyawan

Abstract


Dalam beberapa tahun terakhir penerapan Wireless Sensor Network (WSN) telah merambah berbagai bidang. Salah satu yang paling popular adalah penerapan WSN dalam komunitas node yang banyak. Dynamic Clustering pun menjadi salah satu pilihan yang favorit untuk menjembatani komunikasi data antar node atau dari node ke base station. Dan sistem cluster yang kami pilih adalah Low-Energy Adaptive Clustering Hierarchy (LEACH). Dalam paper ini akan dijelaskan sebuah routing protocol baru yang diusulkan untuk menjembatani permasalahan borosnya routing protocol jaringan proactive pada WSN. Routing protocol ini nantinya akan berfokus pada penghematan energy dengan jangkauan jaringan yang luas. Dimana akan dibentuk database sederhana yang akan membuat penentuan Cluster Head akan menjadi lebih mudah dan tidak memakan waktu lama. Selain itu peneliti lebih memilih untuk membentuk cluster dengan luas jangkauan yang lebih kecil untuk mengurangi beban dari Cluster Head (CH), sehingga dalam area yang luas sangat dimungkinkan terbentuk lebih dari satu cluster. Masing-masing cluster tersebut memiliki node lain diluar cluster yang menumpang pada node terdekat yang merupakan anggota cluster (kami menyebutnya Node Tumpangan). Node yang menumpang pada node tumpangan itu tadi lah yang merupakan level kedua dari cluster.


Full Text:

PDF

References


Aholger Karl, Andreas Willig, “Protocol and Architectures for Wireless Sensor Network,” WILEY, 2005.

Z.G Wan, Y.K Tan, C. Yuen, “Review on Energy Harvesting and Energy Management for Sustainable Wireless Sensor Networks,” IEEE, 2011.

WR Heinzelman, Anantha Chandrakasan, Hari Balakrishnan, “Energy-Efficient Communication Protocol for Wireless Microsensor Networks,” IEEE, 2000.

Wendi Beth Heinzelman et al, “Application-Specific Protocol Architectures for Wireless Network,” Department of Electrical Engineering and Computer Science, Massachusetts Institute of Technology, 2000.

M. BaniYassein, A. Al-zou'bi, Y. Khamayseh, W. Mardini, “ Improvement on LEACH Protocol of Wireless Sensor Network (VLEACH),” International Journal of Digital Content Technology and its Applications, 2009.

Wairagu G. Richard, “Extending LEACH routing algorithm for Wireless Sensor Network,” Data Communications Engineering, Makerere University, 2009.

Meenakshi sharma, Kalpana Sharma, “An Energy Efficient Extended LEACH (EEE LEACH),” International Conference on Communication Systems and Network Technologies, 2012.

Ravi Kishore Kodali, Naveen Kumar Aravapalli, “Multi-Lavel LEACH Protocol Model Using NS-3,” IEEE, 2014.

H. Jumping, J.Yuhui, D.Liang, “A time-based cluster-head selection algorithm for LEACH,” EEE Symposium on Computers and Communications, 2008.

Budi Prasetya et al, “Penentuan Posisi Pada Sistem Komunikasi Seluler dengan Metoda Time of Arrival (ToA) dan Time Difference of Arrival (TDOA),” Seminar Nasional Informatika UPN, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.