PERAN TEKNOLOGI GESTURE SEBAGAI SENSOR UNTUK GRAPHICAL USER INTERFACE

Hennry Poerwanto Brotoatmodjo

Abstract


Teknologi merupakan salah satu cara yang memudahkan manusia dalam usaha dan kerja mereka sehingga dapat mencapai efisiensi dan efektivitas. Teknologi antarmuka manusia dan komputer menjadi sesuatu yang hal yang penting dalam menerapkan keberlangsungan metode yang digunakan dalam proses komputasi dan kerangka yang mendukung posisinya baik dalam tugas dan fungsinya. Interaksi antara manusia memiliki teori dasar secara eksplisit dari gerak isyarat, yang antara satu kebudayaan dengan kebudayaan yang lain mempunyai arti kebenaran dan fiksi dalam isyarat, salah satu contohnya adalah gerak tari. Gesture (Gerak isyarat) dan thought (pikiran) merupakan konsep baru bahasa sebagai dialektika bahasa penggambaran yang mempunyai aturan gerak isyarat tertentu. Gerak isyarat memfokuskan pada aktualisasi real-time dari pikiran dan bahasa yang ingin disampaikan dengan banyak cara dan konteks yang berbeda-beda, sehingga dimensinya dinamis. Graphical user interface (GUI) merupakan antarmuka pengguna yang berupa grafis (gambar) sehingga bisa dipahami oleh manusia. Unsur yang terdapat pada GUI terdapat tiga bagian penting diantaranya adalah prinsip layout, dasar desain dan standar layout. Prinsip layout terdiri dari beberapa aspek yang timbul, seperti konsistensi, layout layar, dan pemilihan warna. Pemahaman yang kuat dari masalah yang muncul dalam teori merupakan faktor yang penting bagi perancang antarmuka. Manusia menggunakan dan mengeksplorasi gerak dan perkataan mereka, walaupun gerak isyarat mereka dapat diimplementasikan dalam berbagai cara. Paper ini membahas mengenai sensor yang digunakan sebagai antarmuka dalam perkembangan teknologi gesture (gerak isyarat) untuk masukan sistem komputer yang pengolahannya diwujudkan dalam bentuk tampilan gambar berupa graphical user interface (GUI).


Full Text:

PDF

References


Richard, H., Tom R., Yvonne, R., Abigail, S. (2008) Being

Human: Human-Computer Interaction in The Year 2020. Report,

Microsoft Corporation.

John, B.H. (2003) Companion to Linguistic Anthropology. Edited

by Alessandro Duranti. John Wiley and Sons.

David, M. (2005) Gesture and Thought. University of Chicago

Press, Chicago.

Spencer, D.K., Sarah, M.M., Sabrina, R. (2008) Gesture Gives a

Hand to Language and Learning: Perspectives from Cognitive

Neuroscience, Developmental Psychology and Education. Journal

Compilation: Language and Linguistics Compass 2. Blackwell

Publishing Ltd.

Extron Electronics. (2010) The Extron Guide to Graphical User

Interface Design. Extron Electronics.

Giacomo, A. (2008) 3D Graphical User Interfaces on Personal

Computers: Space-Place Building Processes in Virtual

Environments. Aether: The Journal of Media Geography, Vol. 11,

pp. 71-83.

I.P. Tharindu, W. Janaka, Y.R., Jeffrey, E.B., Ayman, F.H. (2012)

Application of Microsoft Kinect Sensor for Tracking Construction

Workers. Proceedings of Construction Research Congress 2012,

pp. 858-867.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.