PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN WEBSITE DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Fikri Zupriadi, Ema Utami, Emha Taufiiq Luthfi

Abstract


Berdasarkan atas kebutuhan masyarakat terhadap kualitas layanan website dalam proses kegiatan yang berhubungan dengan kependudukan dan pencatatan sipil yaitu : pelayanan yang diberikan, informasi yang tepat, cepat dan akurat. Sehingga dibutuhkan pengukuran kualitas layanan website yang telah diberikan saat ini. Didalam melakukan pengukuran kualitas layanan website digunakan suatu metode terintegrasi metode Lean Six Sigma digunakan untuk meningkatkan pelayanannya, Kano digunakan digunakan untuk mengklasifikasikan atribut, selanjutnya Zone of Tolerance untuk membantu mengeliminasi kesalahan. Hasil pengukuran berupa penentuan kapabilitas menggunakan metode terintegrasi Lean Six Sigma, Kano dan Zone of Tolerance adalah mendapatkan 13 deskripsi kesalahan potensial yang memiliki nilai sigma < nilai rata—rata sigma yaitu 2,161. Artinya bahwa 13 deskripsi kesalahan potensial yang berada dibawah nilai rata-rata sigma 2,161 menjadi fokus utama dalam usaha perbaikan website Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hulu yang akan datang.

Full Text:

PDF

References


DeLone, W. H., dan McLean, E. R, “The DeLone and McLean Model of Information Systems Success”, A Ten- Year Update Management Information System. Journal of Management Information Systems, Vol 19, No.4, 9-30. M.E. Sharpe, Inc 2003.

Griffin, A., dan Hauser, J. R., “The Voice of the Customer”, Market Science Journal, 12(1), 1–23, 1993.

Bertels, T. dan Appiotti, M, “Achieving Competitive Advantage through Lean Thinking”, Journal of Financial Transformation, Vol.18, 101-104, 2006.

Rangkuti, Freddy, “Measuring Customer Satisfaction”, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.