KAJIAN ALGORITMA NAÏVE BAYES DALAM PEMILIHAN PENERIMAAN BEASISWA TINGKAT SMA

Virgana Virgana, Ulfa Pauziah, Michael Sonny

Abstract


Dalam rangka meningkatkan kualitas sumberdaya manusia adalah dengan pendidikan, namun kemampuan pembiayaan pendidikan dari setiap peserta didik sangat bervariasi. Yang perlu mendapat perhatian adalah peserta didik dengan kemampuan terbatas dari segi finansial tetapi mereka berpresatasi dalam bidang akademik. Disisi lain pemerintah maupun pemerintah daerah telah menyediakan beasiswa bagi peserta didik yang tidak mampu dari biaya operasional sekolah. Namun demikian pemberian beasiswa kepada peserta didik belum memenuhi sasaran. Karena sering terjadi peserta didik yang mampu dari segi finansial mendapat program bea siswa, sementara ada peserta didik yang kurang mampu tidak mendapatkan beasiswa. Oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukan kajian algoritma naive bayes yang diaplikasikan terhadap data peserta didik yang akan menerima beasiswa, dengan bantuan datamining Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat akurasi dari kajian algoritma dalam pemilihan calon penerima beasiswa di tingkat SMA maupun SMK dan menerapkan metode tersebut. Pengujian dilakukan dengan mengukur kinerja algoritma tersebut menggunakan metode pengujian Cross Validation, Confusion Matrix dan Kurva ROC.


Full Text:

PDF

References


Anneahira (2012). Tujuan Beasiswa Dalam http://www.anneahira.com/beasiswa.htm(diakses pada tanggal 3 Juni 2012).

Larose, Daniel. T. (2005).Discovering Knowledge in Data. New Jersey: John Willey & Sons, Inc.

Asda Bramer, Max. (2007). Principles of Data Mining London : Springer

Han, J.,&Kamber, M. (2006). Data MiningConcept and Tehniques. San Fransisco: Morgan Kauffman.

Vercellis,Carlo.(2009), “Business Intelegent: Data Mining and Optimization for Decision Making”, Southern Gate, Chichester, west Sussex: John Willey & Sons, Ltd, 2009.

Liao. (2007). Recent Advances in Data Miningof Enterprise Data: Algorithms and Application Singapore :WorldScientific Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.