PENTEKSTURAN MODEL TIGA DIMENSI MENGGUNAKAN METODE SEAMLESS UNWRAPPING MATERIAL
Abstract
Dalam proses menghasilkan obyek tiga dimensi yang nyata, dibutuhkan teknik modelling, pembuatan tekstur dan pemilihan material yang sesuai. Dengan menggunakan pola tekstur yang sesuai akan berpengaruh terhadap detail obyek dan kesesuaian model dengan bentuk aslinya. Perlu dicermati pula efisiensi penggunaan memori dan media penyimpan data di komputer. Pemilihan penggunaan seamless unwrapping material dapat membantu mencapai target hasil model tiga dimensi yang lebih realistis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kemiripan obyek 3d yang dihasilkan komputer, menggunakan metode seamless unwrapping material dibandingkan dengan obyek aslinya. Dengan menggunakan teknik komparasi foto, dihasilkan tingkat kemiripan sebesar 74 persen, dimana peneliti tidak memasukkan parameter pencahayaan sebagai unsur penunjang.
Full Text:
PDFReferences
Nugraha, Bhanu Sri, Penteksturan Model Tiga Dimensi
Menggunakan Metode Prosedural dan Unwrapping. jurnal DASI,
Vol.12, No. 2, ISSN: 1411 – 3201, P32 - 37, Juni 2011.
Nugraha, Bhanu Sri, Perancangan Karakter 3d Menggunakan Maya
Embedded Language (Mel) Script Pada Produksi Film Chronicles
Of Java, Tesis, STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2011.
Autodesk, The Art of MAYA 4th Edition – An Introducting to 3D
Computer Graphics, MAYA Press, CA-USA, 2007.
Autodesk, Learning Autodesk MAYA 2008 – The Modelling &
Animation Handbook, MAYA Press, CA-USA, 2007.
Nikos Sarris, Michael G. Strintzis, 3D Modeling and Animation:
Synthesis and Analysis Techniques for the Human Body, IRM
Press, USA, 2005.
Chen Chang, Chin, Yu Lin, Chen, Texture Tiling on 3D Models
Using Automatic Polycube-maps and Wang Tiles, Journal of
Information Science & Engineering, Vol. 26, 2010.
In Yeop Jang, Ji-Ho Cho, Kwan H. Lee, 3D human modeling from a
single depth image dealing with self-occlusion, Springer
Science+Business Media, LLC, 2011
Refbacks
- There are currently no refbacks.