EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT PANTI RAPIH YOGYAKARTA

Christian Novan, Eko Nugroho, Indriana Hidayah

Abstract


Rumah sakit Panti Rapih telah memanfaatkan website  sebagai salah satu media pengenalan rumah sakit Panti Rapih beserta layanan yang disediakan kepada masyarakat luas. Implementasi yang dilakukan sudah cukup bagus namun masih belum adanya evaluasi dari sisi pasien dan keluarga pasien terhadap informasi pada website tersebut. Penggunaan website perlu juga diikuti dengan evaluasi terhadap informasi berbasi website, dengan model end user computing satisfaction, diharapkan dapat mengevaluasi penilaian pasien dan keluarga pasien terhadap informasi berbasis website di rumah sakit Panti Rapih.  Penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada pasien maupun keluarga pasien yang sedang berobat di rawat jalan, guna mendapakan hasil yang didapat dianalisis dengan metode SEM-PLS dan tools SmartPLS versi 2.  Berdasarkan analisis, terdapat variabel yang tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien dan keluarga pasien, yaitu accuracy, format dan timeliness, sedangkan variabel content dan ease of use berpengaruh terhadap kepuasan pasien dan keluarga pasien. Hasil penelitian menyatakan bahwa model end user computing satisfaction dapat digunakan untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien dan keluarga pasien rumah sakit terhadap informasi berbasis website sebagai media pelayanan.


Full Text:

PDF

References


J. Hardi, “Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Umum dan Pasien Jamkesmas Terhadap Mutu Pelayanan Rawat Inap di RSUD Pasaman Barat Tahun 2010,” Universitas Andalas, 2010.

M. Harlie, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di RSUD H.Badarudin Tabalong Kalimantan Selatan,” J. Manaj. dan Akunt., vol. 12, no. April, pp. 35–44, 2011.

D. M. Brahmbhatt, D. N. Baser, and P. N. Joshi, “Adapting the Servqual Scale to Hospital Services: an Empirical Investigation of Patients’ Perceptions of Service Quality,” Int. J. Multidiscip. Res., vol. 1, no. 8, pp. 27–42, 2011.

F. Tjiptono, Y. Chandra, and A. Diana, Marketing Scales, 1st ed. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta, 2004.

B. S. Marpaung, “Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit XYZ Tahun 2009,” J. Ilm. Ranggagad., vol. 10, no. 2, pp. 171–178, 2010.

W. J. Doll and G. Torkzadeh, “A Discrepancy Model of End-User Computing Involvement,” Manage. Sci., vol. 35, no. 10, pp. 1151–1171, 1989.

W. J. Doll and G. Torkzadeh, “The Measurement of End- User Computing Satisfaction: Theoretical and Methodological Issues,” MIS Q., vol. 15, no. 1, pp. 5–10, 1991.

G. Harcahyani, “Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien yang dimoderasi oleh variabel nilai,” Universitas Pembangunan Veteran Nasional, 2010.

A. Parasuraman, V. A. Zeithaml, and L. L. Berry, “A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research,” J. Mark., vol. 49, no. 4, pp. 41–50, 1985.

B. Perez-Mira, “Validity if DeLone and McLean’s model of information systems success at the web site level of analysis,” Graduate Faculty of the Louisiana State University and Agricultural and Mechanical College, 2010.

M. A. P. Trarintya, “Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan word of mouth (studi kasus pasien rawat jalaN di Wing Amerta RSUP Sanglah Denpasar),” Universitas Udayana Denpasar, 2011.

S. Gupta and V. Zeithaml, “Customer Metrics and Their Impact on Financial Performance,” Mark. Sci., vol. 25, no. 6, pp. 718–739, 2006.

P. Kotler and K. L. Keller, Marketing Management, 14th ed. New Jersey: Pearson Education, Inc., 2012.

J. E. Bailey and S. W. Pearson, “Development of a Tool for Measuring and Analyzing Computer User Satisfaction,” Manage. Sci., vol. 29, no. 5, pp. 530–545, 1983.

D. S. G and D. R. K. Bhaskar, “Adapting Information Technology ( IT ) in healthcare for Quality patient care- Study conducted in a Hospital in South,” J. Health Inform. Dev. Ctries., pp. 209–218, 2011.

I. Khasanah and O. D. Pertiwi, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen RS St. Elisabeth Semarang,” Aset, vol. 12, no. 2, pp. 117–124, 2010.

M. A. Adikara, “Evaluasi Implementasi Sistem Kios 3in1 dengan Technologi Acceptance Model (TAM) dan User Satisfaction Studi Kasus di BLKI Semarang,” UGM, 2012.

A. Parasuraman, V. A. Zeithaml, and L. L. Berry, “SERVQUAL- A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality.pdf,” J. Retail., vol. 64, no. 1, 1988.

W. H. DeLone and E. R. McLean, “The DeLone and McLean Model of Information Systems Success : A Ten -Year Update,” J. Manag. Inf. Syst., vol. 19, no. 4, pp. 9–30, 2003.

S. Information, N. March, and H. Delone, “Information Systems Success : The Quest for the Dependent Variable Author ( s ): William H . DeLone and Ephraim R . McLean Published by : INFORMS Stable URL : http://www.jstor.org/stable/23010781 . Systems Success : the Dependent Variable The Quest,” vol. 3, no. 1, pp. 60–95, 2014.

H. A. Rusdiana and M. Irfan, Sistem informasi manajemen, 1st ed. Bandung: CV Pustaka Setia, 2014.

N. Mariana, “Pengukur-Pengukur Kesuksesan Sistem Informasi Eksekutif,” Teknol. Inf. Din., vol. XI, no. 1, pp. 30–37, 2006.

S. Rivard, “Successful Implementation of End-User Computing,” Interfaces (Providence)., vol. 17, no. 3, pp. 25–33, 1987.

J. Etezadi-Amoli and A. F. Farhoomand, “On End-User Computing Satisfaction,” MIS Q., vol. 15, no. 1, pp. 1–4, 1991.

W. J. Doll, W. Xia, and G. Torkzadeh, “A Confirmatory Factor Analysis of the End-User Computing Satisfaction Instrument,” MIS Q., vol. 18, no. 4, pp. 453–461, 1994.

W. J. Doll, X. Deng, T. S. Raghunathan, G. Torkzadeh, and W. Xia, “The Meaning and Measurement of User Satisfaction: A Multigroup Invariance Analysis of the End-User Computing Satisfaction Instrument,” J. Manag. Inf. Syst., vol. 21, no. 1, pp. 227–262, 2004.

H. Latan and I. Ghozali, Partial least squares konsep metode dan aplikasi menggunakan program WarpPLS 2.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro, 2012, p. 224.

H. Latan and I. Ghozali, Partial Least Squares Konsep, Teknik, dan Aplikasi SmartPLS 2.0 M3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.