PERANCANGAN APLIKASI PELAYANAN INFORMASI KESEHATAN IBU DAN ANAK BERBASIS DATA CENTER STUDI KASUS PUSKESMAS KOTA MAKASSAR

Suci Rahma Dani Rachman

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem informasi pelayanan kesehatan ibu dan anak yang memberikan kebebasan akses terhadap pasien. Aplikasi ini mendesain administrator pada puskesmas yang dapat memonitoring basis data, input, output, dan antarmuka sesuai kebutuhan pengguna, guna mendukung sistem informasi pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Puskesmas. Selain itu, aplikasi ini juga mendesain administrator di dinas kesehatan yang memberikan hak akses secara penuh sehingga memudahkan pengguna dengan memanfaatkan sistem yang langsung terkoneksi ke jaringan. Administrator dinas kesehatan dapat mengatur akses terhadap puskesmas dan tidak berinteraksi langsung dengan pengguna.


Full Text:

PDF

References


Purbo, W. Onno (2011). Petunjuk Praktis Data center Mengunakan Open Source. Jakarta: Penerbit Andi

Henriyadi. (2008). Data Center dan Implementasinya Pada Perpustakaan. Bogor : Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian.

Pressman, Roger. (2011). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Jogiyanto, HM. (2008). Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Nasir Mochamad. (2008). Pengembangan Sistem informasi pelayanan kesehatan ibu dan bayi untuk mendukung evaluasi program kesehatan ibu dan anak di Puskesmas Kabupaten Lamongan. Semarang : Universitas Diponegoro

Ankur, dkk. (2010). A Cloud Computing Based Patient Centric Medical Information System. Department of Computer Science and Engineering. FAU, Boca Raton, FL., USA. DOI:10.1007/978- 1-4419-6524-0_24 (diakses tanggal 19 Februari 2013).

Joko, Puji Hartono. (2004). Analisis Proses Perencanaan Kebutuhan Obat Publik untuk Pelayanan Kesehatan Dasar (PKD) di Puskesmas se Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya. http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/14611, (diakses 15 April 2013)

Trihendradi. (2012). Step by Step SPSS 20. Yogyakarta : Penerbit Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.