SISTEM PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU MENGGUNAKAN METODE EOQ

Ahmad Bagus Setiawan, Fatkur Rohman

Abstract


Penentuan jumlah pemesanan ekonomis telah menjadi satu fokus penelitian yang menarik karena fokus biaya persediaan merupakan salah satu komponen biaya modal terbesar. Penelitian berkembang sejalan dengan perkembangan permasalahan pengendalian persediaan yang semakin kompleks. Melihat hal tersebut maka penelitian ini akan berusaha menyelesaikan kasus pengendalian persediaan menggunakan metode EOQ. Keunggulan metode ini adalah waktu penyelesaian yang relative lebih cepat dan hasil yang mendekati nilai optimal. Oleh karena itu pada penelitian ini akan dikembagkan penentuan jumlah pemesanan kembali pada jumlah permintaan yang bervariasi. Dari hasil pengujian sistem, peramalan penggunaan metode EOQ, secara umum dapat mewakili semua pola permintaan barang. Sehingga diharapkan dapat lebih mengoptimalkan biaya pemesanan dan penyimpanan barang.


Full Text:

PDF

References


Muktiadji, Nusa dan Hidayat Lukman, " Sistem Pengedalian Persediaan Bahan Baku Dalam Menunjang Efektifitas Proses Produksi Studi Kasis Pada PT.X", Jurnal Ilmiah Ranggagading vol.6 no.2.Oktober.2006.

Mashabi, Miqdad, “ Rancang Bangun Sistem Penjadwalan Dan Persediaan Bahan Baku UD. Karya Jati ”, STIKOM Surabaya.

Dadan Umar Daihani, “Komputerisasi Pengambilan Keputusan”, Elex Media Komputindo, 2001

Turban, Efraim & Aronson, Jay E., “Decision Support Systems and Intelligent Systems”, 8th edition, Prentice Hall, Upper Saddle River, NJ, 2007


Refbacks

  • There are currently no refbacks.