TEKNIK REKOMENDASI PEMILIHAN JURUSAN PERGURUAN TINGGI DENGAN PENDEKATAN PREFERENSI PENGGUNA DAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS

Diana Khuntari, Ridi Ferdiana

Abstract


Bidang pendidikan merupakan salah satu bidang yang paling mendapatkan perhatian dari pemerintah terutama pada saat kelulusan siswa tingkat menengah atas. Diharapkan para lulusan tersebut tetap melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Berbagai informasi mengenai jurusan di perguruan tinggi telah banyak tersedia akan tetapi belum dapat mencukupi kebutuhan calon mahasiswa. Terdapat tiga masalah utama yang dialami calon mahasiswa, yakni terbatasnya pengetahuan mengenai jurusan yang akan diikuti, terbatasnya informasi yang tersedia, dan terbatasnya rekomendasi yang bersifat kuantitatif yang dapat digunakan oleh calon mahasiswa. Penelitian ini mencoba mengatasi persoalan tersebut dengan menghasilkan sistem rekomendasi jurusan dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process dan menggabungkan kriteria yang mempengaruhi pemilihan jurusan yang berupa kemampuan, minat, dan juga kesukaan terhadap bidang tertentu. Pendekatan terhadap preferensi pengguna digunakan agar hasil rekomendasi mendekati hasil yang diinginkan. Hal ini dilakukan dengan cara menyerahkan pemberian bobot kriteria pada pengguna.


Full Text:

PDF

References


B. P. S. Indonesia, “Indikator Pendidikan, 1994-2013,” Website BPS-RI. [Online]. Available: http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?kat=1&tabel=1&daftar= 1&id_subyek=28&notab=1. [Accessed: 05-Nov-2014].

A. R. ; Aslam, Muhammad Zaher; , Nasimullah; K, “A Proposed Decision Support System/Expert System for Guiding Fresh Students in Selecting a Faculty in Gomal University,” Ind. Eng. Lett. ISSN 2224-6096 ISSN 2225-0581(Online), vol. 1, no. 4, pp. 33–41, 2011.

A. M. Pujiati, Suhermin Ari; Astuti, “Sistem Pengambilan Keputusan Pemilihan Jurusan di Perguruan Tinggi,” Surabaya, 2008.

A. ; Rahendi, Robert Eka; M, Yusi Tyroni; Rachmadi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bidang Studi di Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Analytic Network Process (ANP),” 2013.

S. Kosasi, Sistem Penunjang Keputusan (Decision Support System) Konsep dan Kerangka Pemodelan Sistem Penunjang Keputusan Berbasis Sistem Informasi. 2002.

T.-P. Turban, Efraim; Aronson, Jay E.; Liang, Decision Support System and Intelligent System (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas), 7th ed. Penerbit ANDI, 2005.

K. Teknomo, “Analytic Hierarchy Process (AHP) Tutorial.”

Syaifullah, “Pengenalan Metode AHP ( Analytical Hierarchy Process ),” 2010.

Slameto, Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010. [10] L. K. Jones, Holland’s Theory and Career Choice. 2002.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.