OPTIMALISASI ALGORITMA DIJKSTRA DALAM MENGHADAPI PERBEDAAN BOBOT JALUR PADA WAKTU YANG BERBEDA

Isnaeni Setiyadi, Teguh Bharata Adji, Noor Akhmad Setiawan

Abstract


Informasi sangat dibutuhkan dalam dunia industri. Salah satu  informasi  yang  penting  adalah  informasi  rute kendaraan  untuk  distribusi  barang.  Algoritma  yang digunakan  salah  satunya  adalah  algoritma  dijkstra. Pemasalahan pada algoritma dijstra adalah pemanfaatan bobot  pada  masing-masing jalur  yang  masih  bersifat statik. Sedangkan situasi kepadatan lalu lintas di jalan raya dapat berubah sewaktu-waktu.  Penelitian  ini  akan  melakukan  perbaikan  algoritma dijkstra dengan menerapkan bobot yang berubah-ubah. Penelitian  dilakukan  pada  rute  jalan  di  Kota  Palu Provinsi  Sulawesi  Tengah.    Metode  yang  digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan data dari Dinas Pekerjaan Umum Kota Palu. Data tersebut berupa jenis atau kelas jalan dan jumlah kendaraan per jam. Kemudian  data  tersebut diolah  menggunakan manual MKJI 1997. Dari hasil pengolah data, diperoleh variabel bobot  waktu  berupa  waktu  tempuh.  Setelah  metode ditemukan, variabel tersebut digunakan bersama dengan metode  untuk  diuji  coba  dan  hasilnya  dibandingkan antara metode dijkstra konvensional dengan metode yang diusulkan.  Hasil  dari  penelitian ini  membuktikan bahwa  metode yang diusulkan bisa diterapkan dengan algoritma dijktra konvensional, dan terbukti mampu mengatasi perubahan bobot(kepadatan lalu lintas).  


Full Text:

PDF

References


A. F. Nurul Alam, N. Gamayanti, and A. Alkaff, “Algoritma Improved Ant Colony System (IACS) untuk menyelesaikan Dynamic Vehicle Routing Problem with Time Window dengan Variabel Travel Time.”

A. Mukhsinin, A. Imran, and S. Susanty, “Penentuan Rute Distribusi CV. IFFA Menggunakan Metode Nearest Neighbour dan Local Search,” J. Online Inst. Teknol. Nas., vol. 01.

B. Liu, S.-H. Choo, and S.-L. Lok, “Finding the Shortest Route Using Cases, Knowledge, and Dijkstra’s Algorithm,” CAIA, vol. 1994.

D. Zhang, Z. Wei, J.-H. Kim, and S. Tang, “An Optimized Dijkstra Algorithm for Embedded-GIS,” ICCDA, vol. 2010.

K. R. Rao, “Design & Analisys of Algorithms - In Simple Way,” KL Univ., vol. 2010.

“Data Structure and Algorithms Analysis,” vol. Edition 3.2 (Java Version), Departemen of Computer Science Vifginia Tech Blacksburg, 2012.

Mutakhiroh, “Pemanfaatan Metode Heuristik Dalam Pencarian Jalur Terpendek Dengan Algoritma Semut dan Algoritma Genetika,” Univ. Islam Indones., 2007.

Z. Yan and Z. Jun, “Dijkstra’s Algorithm Based Robust Optimization to Airline Network Planning,” IEEE.

P. Bina Marga, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia.” Direktorat Jenderal Bina Marga, Feb-1997.

O. Z. Tamin, Perencanaan Pemodelan & Rekayasa Transportasi. ITB, 2008.

D. Xie, H. Zhu, L. Yan, S. Yuan, and J. Zhang, “An improved Dijkstra algorithm in GIS application,” Proc. 2010 Conf. Dependable Comput. CDC’2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.