PENGUKURAN MATURITY LEVEL PEMBELAJARAN ASINKRONUS MELALUI MEDIA TIK DENGAN FRAMEWORK COBIT 4.1

Shofwan Hanief, Yohana Nugraheni

Abstract


Proses pembelajaran saat ini yang sangat fleksibel tidak hanya bisa dilakukan dengan melakukan tatap muka saja, namun juga menggunakan mediamedia TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). IT Governance atau yang kita sebut tatakelola teknologi informasi adalah sebuah mekanisme kontrol untuk pengendalian dan evaluasi terhadap tatakelola pada teknologi informasi. Dengan menggunakan framework COBIT 4.1, tatakelola teknologi informasi khususnya pada media pembelajaran yang bersifat asinkronus seperti elearning, moodle, edmodo dan yang lainnya dapat diukur sejauh mana maturity level atau tingkat kedewasaannya. Pada tatakelola media pembelajaran yang bersifat asinkronus ini dengan menggunakan framework COBIT4.1 akan didapatkan hasil level kedewasaan pada media pembelajaran TIK yang bersifat asinkronus, dimana hasil tersebut yang akan menjadi sebuah rekomendasi perbaikan tatakelola kemudian hari  


Full Text:

PDF

References


Albarda. 2006. Penelitian tentang Strategi Implementasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Tata Kelola Organisasi (IT-Governance).

Dajtmiko, Bambang. Audit Sistem Informasi Untuk Menilai Proses Penyampaian dan Dukungan (Delivery and Support) Dalam Pelayanan Informasi Dengan Menggunakan Framework COBIT Studi Kasus : PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. R&D Center. Program Magister Informatika, Sekolah Tinggi Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung., 2007.

Riasetiawan, Mardhani. Pembuatan Pedoman Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan IT Governance Design Framework Pada UGM. Program Studi Magister Teknologi Informasi, Jurusan Teknik Elekto Yogyakarta, 2007.

Riyanarto Sarno, Audit Sistem dan Teknologi Informasi, ISBN 978-979-8897-42-9, Penerbit Percetakan ITS Press Surabaya, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.