APLIKASI PERAMALAN PENJUALAN OBAT MENGGUNAKAN METODE PEMULUSAN (STUDI KASUS: INSTALASI FARMASI RSUD DR MURJANI)

Slamet Riyadi

Abstract


Peramalan (forecasting) merupakan alat bantu yang penting dalam suatu pembuatan perencanaan bagi setiap organisasi bisnis dan untuk setiap pengambilan keputusan manajemen yang sangat signifikan. Peramalan juga dapat digunakan untuk melihat gambaran pola penjualan obat setiap bulan maupun setiap tahun. Pada pola data aktual yang disajikan memuat unsur trend, hasil analisis menunjukan bahwa Metode Pemulusan Eksponensial Ganda, Dua-Parameter dari Holt, memberikan nilai MSE dan MAPE yang terkecil dibandingkan menggunakan metode Pemulusan Eksponensial dari Brown (linier atupun kuadratik). Hasil penelitian ini berupa sebuah aplikasi yang mampu menerapkan metode Pemulusan Eksponensial dari Holt untuk melakukan proses peramalan penjualan obat. Selain itu, aplikasi juga mampu memberikan suatu keluaran berupa laporan hasil peramalan beberapa periode mendatang yang disertai dengan nilai kesalahan peramalan (forecast error) dan juga disajikan dalam bentuk grafik.


Full Text:

PDF

References


S., Buffa; Elwood, Rakesh; K. Sarin, Modern Production and Operation Management, Eight Edition, John Willey and Sons Inc, London, 1996.

Eppen G. D, Iyer A. V, “Improved Fashion Buying with Bayesian Updates”, Operation Research 45 805-819, 1997

Makridakis, S, dkk., Metode dan Aplikasi Peramalan. Jilid 1. Edisi kedua, Binarupa Aksara, Jakarta, 1999.

T. Hani, Handoko, Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi, BPFE Yogyakarta, Yogyakarta, 1999.

Gaspersz, Vincent, Production Planning and Inventory Control, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2001.

Render; Barry; Heizer, Jay, Manajemen Operasi, Salemba Empat, Jakarta, 2004.

Hartono, Jogiyanto, Analisis & Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, ANDI, Yogyakarta, 2005.

Heizer, Jay; Rander; Barry, Operations Management: Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat, 2005.

Herjanto, Eddy, Manajemen Operasi, GRASINDO, Jakarta, 2007.

Noeryanti; Oktafiani, Ely; Andriyani, Fera, “Aplikasi Pemulusan Eksponensial Dari Brown Dan Dari Holt Untuk Data Yang Memuat Trend”, SNAST,Yogyakarta, 2012.

Buulolo, Efori, Implementasi Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Obat (Studi Kasus : Apotik Rumah Sakit Estomihi Medan), Pelita Budi Darma, 2013.

L.G., Luci; Tjandrarini, A. B.; Sulistiowati, “Aplikasi Peramalan Permintaan Bahan Baku Pada Pt. Baba Rafi Indonesia Dengan Metode Pemulusan Eksponensial Winter (Studi Kasus Daerah Surabaya)”, JSIKA, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.