ANALISIS PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN IPA SMP KELAS VII

I Gede Ngurah Arya Indrayasa, Moyo Hady Poernomo, Reiza Ghulam Akmal

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu aspek penting yang menjadi perhatian semua kalangan, baik itu pemerintah, swasta, masyarakat dan golongan-golongan lainnya. Bahkan kemajuan suatu negara dapat diukur dari kualitas pendidikan penduduk Negara tersebut. Pada era globalisasi saat ini teknologi informasi juga berperan penting dalam proses pembelajaran dan pendidikan. Inovasi yang baik sangat dibutuhkan untuk menunjang proses pembelajaran dan pendidikan tersebut agar berkualitas. Salah satu inovasi dalam bidang teknologi informasi yang dapat membantu proses pembelajaran dan pendidikan adalah inovasi pembelajaran interaktif berbasis multimedia. Inovasi ini muncul dikarenakan proses pembelajaran yang tradisional mulai kurang efektif, penyampaian materi ajar dalam bentuk verbal dengan waktu yang cukup lama membuat para anak didik merasa jenuh dan bosan, ditambah lagi suasana kelas yang kurang kondusif membuat anak didik merasa malas untuk mengikuti proses pembelajaran dan pendidikan, sehingga berakibat menurunnya hasil belajar anak didik dan kualitas pendidikan menjadi kurang baik. Media pembelajaran interaktif berbasis multimedia merupakan media pembelajaran inovatif yang membuat pada anak didik berperan aktif dalam proses pembelajaran dan pendidikan, sehingga mereka tidak merasa jenuh dan bosan saat proses tersebut sedang berlangsung. Oleh karena itu penulis membuat suatu penelitian tentang media pembelajaran interaktif yang berbasiskan multimedia, dengan media pembelajaran tersebut para anak didik dapat mencapai hasil belajar mereka secara maksimal dan semakin tertarik untuk belajar lebih aktif dari sebelumnya dengan bantuan media pembelajaran tersebut.  


Full Text:

PDF

References


Ariesto Hadi Sutopo. (2003). “Multimedia interaktif dengan flash”. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Borg, W. R. & Gall, M. D. (2003). Educational research: an introduction (7th ed.). New York: Longman, Inc.

Dick, W., Carey, L. & Carey, J. O. (2005). “The systematic design of instruction”.Boston: Harper Collin College Publisher.

Gay, L R. (1981). “Educational research: Competencies for analysis & application.(2nd ed.)”. Colombus: Charlie E. Merrill Publishing Co.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Ilmu Pendidikan Alam: buku siswa. Jakarta: Kementerian dan Kebudayan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.