PENERAPAN METODE FUZZY MAMDANI DALAM MEMPREDIKSI TINGGINYA PEMAKAIAN LISTRIK ( STUDI KASUS KELURAHAN ABC )

Edy Victor Haryanto, Fina Nasari

Abstract


Listrik merupakan sumber energi yang sangat dibutuhkan saat ini, baik untuk membantu kegiatan rumah tangga sehari-hari maupun industri. Kebutuhan listrik yang semakin meningkatkan sementara ketersediaan yang semakin kecil, membutuhkan sebuah solusi dalam pemanfaatannya agar lebih efektif dan efisien. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan hasil faktor apa saja yang mempengaruhi tingginya pemakaian listrik dirumah tangga. Ada beberapa variabel yang digunakan dalam penelitian ini antara lain : luas rumah, tegangan, perlengkapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fuzzy Mamdani.


Full Text:

PDF

References


Efendi, Hansi, “ Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Peramalan Beban Listrik Jangka Pendek Menggunakan Matlab”, SAINSTEK, Vol. XII, No. 1, September 2009.

Adriyansyah, Dedy, (2011). Faktor-faktor Apa Saja Yang Mempengaruhi Konsumen Listrik Bagi Rumah Tangga Masyarakat Kelurahan Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, Universitas Sumatera Utara, Medan

Kusumadewi, Sri. 2003. “Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya)”, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2002.

kusumadewi,Sri, “Analisis dan Desain Sistem Fuzzy menggunakan Toolbox Matlab,” , Yogyakarta : Graha Ilmu, 2002.

Sutikno, Waspada Indra, “Perbandingan Metode Defuzzifikasi Sistem Kendali Logika Fuzzy Model Mamdani Pada Motor DC,” Jurnal MAsyarakat Informatika, vol.2 , No. 3, pp. 27-37, ISSN 2086-4930.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.