KAJIAN EFEKTIFITAS RENCANA STRATEGIK SISTEM INFORMASI KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

Soeparlan Kasyadi, Yuli Haryanto, Eko Harli

Abstract


 Dalam rangka meningkatkan peran sistem informasi maka perlu adanya evaluasi atau kajian terhadap rencana strategik sistem informasi di Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang saat ini ada, sehingga dapat diketahui kebutuhan yang perlu dikembangkan dan tetap dipertahankan keberadaannya. Perubahan sistem informasi yang secara signifikan berpengaruh terhadap pola kerja, perilaku pengguna, dan kinerja pegawai dapat menjadi tolak ukur keberhasilan dalam melakukan pelayanan publik. Faktor sumber daya manusia, fasilitas, kualitas, perkembangan sistem informasi dapat secara bersama-sama secara langsung meningkatkan kinerja pengguna sistem informasi. Seluruh komponen yang ada pada Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mendapatkan peluang untuk memberdayakan potensi, manajemen, administrasi dan finansial secara independen dan bertanggung jawab. Kajian rencana strategik sistem informasi/ teknologi informasi ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process. Dalam kerangka manajemen hubungan antara pengguna (user) pada fasilitas sistem informasi dan masyarakat sebagai penerima jasa layanan publik, untuk mengetahui apakah rencana strategik sistem informasi memiliki peran penting dalam pengembangan organisasi kepramukaan di Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Alanbay, Oyku,. “Erp selection using expert choice software”., ISAHP Honolulu, Hawai. April 2005.

Saaty, Thomas L,. The Essentials of the Analytic Network Process with Seven Examples. Decision Making with Dependency and Feedback: The Super Decisions Software,1999.

Saaty, Thomas L, Vargas Luis G,. Decision Making with The Analytic Network Process. USA : Pittsburgh. PA,2006.

Darnius, Open,. ”Pemakaian Peluang Dalam Membuat Keputusan”, Sumatra utara : Universitas Sumatera Utara,2004.

Marimin,. Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk, Jakarta, Cetakan Kedua, Grasindo, 2005.

Maheshwari, Sharad K.,. Selection of Accounting Software Tools for Small Businesses: Analytical Hierarchy Process Approach, Hapmton University,2005.

Widodo, Pudjo, Prabowo., Lokakarya Penelitian dan Pengembangan Bidang TIK, Pemilihan Ragam Metode dan Instrumen Penelitian yang Berbasis TIK, STMIK Nusa Mandiri, bogor, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.