PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI BERDASARKAN BUDAYA ORGANISASI DAN 8 KOMANDO PIMPINAN (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom)

Bayu Rima Aditya

Abstract


     Keberhasilan strategi suatu Perguruan Tinggi tentunya tidak terlepas dari kebutuhan informasi, budaya dan kebijakan pimpinan. Fakultas Ilmu Terapan (FIT) adalah salah satu fakultas yang berada di dalam naungan Universitas Telkom (Tel-U) yang memerlukan rencana strategi IS/IT dalam memberikan dukungan yang selaras terhadap rencana strategi bisnis organisasinya. Selain penyelarasan terhadap strategi bisnis, dalam merumuskan strategi IS/IT, FIT Tel-U perlu mempertimbangkan model budaya organisasi dan kebijakan pimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan strategi IS/IT pada FIT Tel-U berdasarkan strategi bisnis, model budaya dan 8 komando pimpinan. Hasil dari penelitian ini adalah terumuskan 5 strategi dan kebijakan IS/IT yang sebaiknya diterapkan di FIT Tel-U berdasarkan pertimbangan 3 hal, pertama kebutuhan sistem untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan FIT Tel-U, kedua model budaya organisasi, dan yang ketiga arahan dan kebijakan yang sebaiknya pimpinan FIT Tel-U lakukan dalam memanfaatkan IS/IT. Hasil dari penelitian ini diharapkan akan dapat membawa dampak pada kejelasan dan kelancaran dalam mewujudkan rencana strategis bisnis dari FIT Tel-U.   


Full Text:

PDF

References


Ward, J., & Peppard, J. (2002). Strategic Planning for Information Systems Third Edition. Bedfordshire: John Wiley & Sons Ltd.

Purwanto, E. (2010, Mei 9). Strategic Grid Mc-Farlan. Retrieved Maret 25, 2013, from berbagi: http://purwantoedi. blogspot.com/2010/05/strategic-grid-mc-farlan.html.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi Buku 2. Jakarta: Salemba Empat

Cameron, K. S., & Quinn, R. E. (2006). Diagnosing and Changing Organizational Culture. San Fransisco: Jossey-Bass.

Yefta, S. K. (2007). Adaptasi 8 Imperatives pada Usulan Strategi dan Kebijakan Teknologi Informasi di Sekolah Nasional Plus 'X'. 1-13.

Putro, B. L., & Pratondo, A. (2010). Kultur Organisasi Menggunakan Hofstede dan OCAI terhadap Strategi Penerapan Teknologi Informasi (Studi Kasus: Perguruan Tinggi XYZ). Konferensi Nasional Sistem dan Informatika 2010 (pp. 136-141). Bali: KNSI.

Hevner, Alan R.; March, Salvatore T.; Park, Jinsoo; and Ram, Sudha. (2004). "Design Science in Information Systems Research," MIS Quarterly.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.