TINGKAT KESIAPAN E-RADIO DI JAKARTA

Silvester Dian Handy Permana, Dana Indra Sensuse, Budi Arifitama

Abstract


Perkembangan teknologi informasi sangatlah pesat dalam kurun waktu yang singkat ini. Perkembangannya berdampak ke semua bidang, salah satunya radio. Teknologi e-radio adalah teknologi yang dapat membantu stasiun radio dalam mengelola radio baik secara internal maupun eksternal. Namun banyak stasiun radio hanya memanfaatkan teknologi e-radio ini sebatas streaming saja. Tentunya teknologi e-radio ini tidak dimanfaatkan secara efektif, efisien, dan akuntabel untuk mendukung operasional sehari-hari.  Penelitian ini menganalisis tentang tingkat kesiapan dalam pemanfaatan teknologi e-radio ini. Peneliti menggunakan metodologi Hartman Sifonis dalam melakukan analisis tingkat kesiapan pemanfaatan teknologi e-radio seluruh stasiun radio di Jakarta. Metodologi tersebut membagi analisa kesiapan menjadi  4 faktor yaitu Leadership, Governance, Competencies, dan Technology. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kesiapan stasiun radio di Jakarta berada pada tingkat net savvy (3 dari skala 5). Hal ini menunjukan bahwa kondisi stasiun radio di Jakarta sudah memiliki infrastruktur dan teknologi yang memadai tetapi belum  didukung oleh kebijakan dari stasiun radio. Hasil  analisa tersebut digunakan sebagai referensi untuk perkembangan stasiun radio kedepannya.  


Full Text:

PDF

References


Mardianah. Pengaruh Siaran Radio Dalam Penyebaran Informasi Teknologi Budidaya Padi Sawah Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Petani (Kasus: Desa Kluting Jaya, Kecamatan Weda Selatan, Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara). Bogor : Institute Pertanian Bogor, 2010.

Bullivant, Dr. John; Robin Burgess, Andrew Corbett-Nolan, Kate Godfrey. Good governance handbook. Good Governance Institute, 2012.

Hartman, Amir. & Sifonis, John. Net Ready : Strategies for success in the E-conomy. New York : McGraw-Hill, 2000.

Rooke, David and William R. Torbert. Seven Transformations of Leadership. Harvard University : Harvard Business Review, 2005.

Seakow and Samson. A Study of E-Learning Readiness of Thailand’s Higher Education Comparing to the United States of America. IEEE. United States of America, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.