SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PRIORITAS PERBAIKAN JALAN DI DINAS BINA MARGA KABUPATEN CIREBON DENGAN METODE TOPSIS

Nurrochman Ferdiansyah, Harliana Harliana, Otong Saeful Bachri

Abstract


Saat ini kondisi jalan yang berada di Kabupaten Cirebon berdasarkan data Dinas Kabupaten Cirebon hampir 40% kondisinya mengalami kerusakan. Dimana kerusakan tersebut bervariasi mulai dari rusak sedang, cukup rusak, rusak, ataupun rusak berat. Untuk membatu Dinas Bina Marga Kabupaten Cirebon dalam menentukan prioritas perbaikan jalan dapat dilakukan dengan system pendukung keputusan melalui perangkingan dengan menggunakan metode TOPSIS. Dimana metode ini akan merangking setiap alternative berdasaarkan nilai kriteria (nilai ruas jalan) terhadap nilai kriterianya. Kriteria yang digunakan dalam metode ini adalah: lalulintas harian (LHR), jenis jalan baik jalan strategis ataupun jalan lintas umum, kondisi kedaaan jalan rusak sedang, kondisi keadaan jalan rusak, kondisi keadaan jalan rusak berat, dan prosentase total kerusakan. Setelah melakukan pengujian terhadap 5 alternatif (ruas jalan) dengan 6 kriteria didapatkan ruas jalan 24 memiliki menempati urutan pertama perangkingan, dengan nilai preferensi relative 0,7529, urutan kedua adalah ruas jalan 21 dengan nilai preferensi relative 0,6073, urutan ketiga adalah ruas jalan 28 dengan nilai preferensi relative 0,5107, urutan keempat adalah ruas jalan 25 dengan preferensi relative 0,2808 dan urutan terakhir adalah ruas jalan 26 dengan nilai preferensi relatif 0,1438  


Full Text:

PDF

References


Direktorat Bina Marga, 2011, Petunjuk Pelaksanaan Pemeliharaan Jalan Kabupaten, Petunjuk Teknis Departemen Pekerjaan Umum, Dikrektorat Jendral Bina Marga

Direktorat Bina Teknik, 2011, Survey Kondisi Jalan Beraspal, Departemen Pekerjaan Umum, Dikrektorat Jendral Bina Marga

Turban, Efrain dan Aronson, Jay , 2001,Decision Suport System and Intelligent System, Prentice Hall, New Jersey. 2001

Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A., dan Wardoyo, R. 2006. Fuzzy Multi-Atribute Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu. 2006

Anonym, 2003, klasifikasi jalan berdasarkan tingkat kondisi jalan, Dinas Bina Marga

Savitha, K., Chandrasekar, C., 2011, Vertical Handover decision schemes using SAW and WPM for Network selection in Heterogeneous Wireless Networks, Global Journal of Computer Science and Technology Volume 11, Global Journals Inc. (USA).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.