APLIKASI TARIF KIRIMAN POS SEBAGAI PANDUAN ACCOUNT EXECUTIVE UNTUK AKUISISI PELANGGAN PADA SALES REPRESENTATIVE TANGERANG

Meta Amalya Dewi, Muhamad Ichsan, Mukhamad Arifin

Abstract


Internet dengan berbagai produk turunannya telah mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia, termasuk lingkungan bisnis. Perubahan ini tak hanya menggoyang dunia perposan global, tapi juga Pos Indonesia. Ketika dunia sudah berubah semakin cepat, bergerak kearah kecepatan informasi yang difasilitasi teknologi internet, bentuk korespondensi yang dulunya menggunakan suratpun beralih menjadi surat elektronik. Menjawab perubahan teknologi ini Pos Indonesia mulai melakukan pergeseran orientasi, yakni dari orientasi yang bersifat product focused ke orientasi yang bersifat customer-focused, yaitu penjualan jasa kurir dalam negeri. Keputusan Direski PT Pos Indonesia (Persero) Nomor 65/DIRUT/0813 tanggal 19 Agustus 2013 tentang Pengaturan Penjualan Jasa Kurir Dalam Negeri Untuk Account Customer diantaranya berisi tentang ketentuan tarif jasa pengiriman dan panduan penetapan tarif khusus pelanggan korporat (account customer). Namun sistem yang berjalan masih bersifat kerangka acuan, sehingga belum mampu menghasilkan output yang diinginkan dalam memelihara dan mengembangkan pendapatan dari account customers serta mengakselerasi proses akuisisi calon account customer, sehingga perlu dilakukan penjabaran kebijakan yang lebih rinci dan komprehensif sebagai pedoman untuk merespon perubahan keinginan account customer dan persaingan pasar yang ada. Penelitian ini menggunakan alat bantu unified modelling language dan rancangan pemrograman dengan pendekatan system development life cycle (SDLC) menggunakan Macromedia Dreamweaver 8 untuk desain interface, penulisan listing program di PHP versi 5.2.2 dan MySQL sebagai databasenya. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi panduan tarif kiriman pos yang dapat memandu Account Executive dalam mengakuisisi calon pelanggan.  


Full Text:

PDF

References


Budiman, Agustiar, 2012. Pengujian Perangkat Lunak dengan Metode Black Box Pada Proses Pra Registrasi User Via Website, Makalah, halaman: 4.

Dewi, Meta Amalya, dkk., 2013, Rancang Bangun Aplikasi Estimasi Rakit Panel Listrik Sebagai Efektifitas dan Efisiensi Kerja (Studi Kasus: PT. YMP), Prosiding Semnasteknomedia 2014 ISSN 2302-3805.

Henderi, 2008, Unified Modeling Language (UML): Konsep dan Implementasinya Pada Pemodelan Sistem Berorientasi Objek dan Visual.

Kartajaya, Hermawan, 2010, Brand Operation The Official MIM Academy course book. Jakarta : Esesnsi Erlangga Group.

Murad. 2010. MetodeStruktur UML, Bandung: Informatika.

Nugroho, Adi, 2010, Analisis Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Object, Bandung: Informatika

PT. Pos Indonesia (Persero), 2010, Buku Panduan Pos.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.