SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PEMBELIAN SMARTPHONE

Andriyan Dwi Putra, Stevi Ema Wijayanti

Abstract


Smartphone bukanlah hal baru dikalangan masyarakat saat ini. Smartphone merupakan bagian yang tidak dapat tergantikan karena kecanggihannya. Mulai dari masyarakat kalangan bawah hingga kalangan atas, semua berlomba untuk memiliki smartphone tersebut. Hanya saja calon pembeli sering kebingungan karena banyak varian smartphone yang bermunculan, maka dari itu dibuatlah alat bantu pendukung keputusan untuk pembelian smartphone. Analisis yang simple merupakan nilai plus untuk metode promethee, sehingga metode promethee sangat cocok diterapkan dalam penentuan pengambilan keputusan pembelian smartphone. Penentuan metode ini karena berdasarkan kriteria smartphone yang dapat didefinisikan secara obyektif dan jelas. Dengan metode Promethee maka diketahui hasil bahwa Alternative A menempati urutan terakhir karena posisi poin -0.5 . selanjutnya alternative B menempati urutan yang pertama karena menghasilkan poin paling tinggi yaitu 0.5 dan alternative C berada diposisi tengah dengan poin 0. Dengan hasil Net Flow tersebut, maka metode Promethee menyarankan untuk membeli produk OPPO


Full Text:

PDF

References


Bambang, Y, Frans, R K, dan A Y Hendy,”Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Promethee (Studi Kasus: Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum)”, in Proc. Telematika 2011. Juli 2011

Brans, J. P., Vinckle and B. Mareschal, “How to Select and How to Rank Projects; The Promethee Method”. European Journal of Operational Research, Elsevier Science Publisher B.V., Holland. P.228-238, 1986.

Hutabarat, D S,”Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Penerima Beasiswa dengan Metode Promethee”,in Proc. INTI 2013. Oktober 2013

Donny N, “Aplikasi pengggunaan metode promethee dalam sistem pendukung keputusan untuk penentuan media promosi studi Kasus: STMIK Indonesia”, in Proc. KURSOR 2009. Juli 2009

Belton, V., dan Stewart, T, J., Multiple Criteria Decision Analysis – an Integrated Approach. Boston: Kluwer Academic Publishers, 2002.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.