PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY PADA PRODUK BUKU SEBAGAI PENGENALAN HURUF ALFABET UNTUK USIA DINI

Budi Arifitama, Silvester Dian Handy Permana

Abstract


Penggunaan gadget dalam kehidupan sehari hari sudah menjadi hal yang biasa bagi sebagian besar masyarakat di dunia khususnya di Indonesia. Dari dewasa,remaja,anak kecil maupun balita telah menggunakan piranti bergerak untuk keperluan pribadi, pekerjaan maupun sekedar hanya untuk bermain. Gadget dapat menjadi sebagai media pembelajaran untuk balita, sebelum dapat berbicara, balita yang sedang dalam tahapan pertumbuhan tentunya perlu bimbingan dari kedua orang tuanya untuk dapat mengenal huruf alphabet sebagai tahapan awal dari pengenalan huruf, yang nantinya pada tahapan berikutnya, akan berkembang ke tahap berikutnya suku kata dan kalimat. Augmented reality merupakan sebuah teknologi terobosan di bidang teknologi multimedia , dimana memanfaatkan objek 3D terangkat seolah olah tampak seperti nyata, penerapan teknologi ini sudah sampai pada tahapan penggunaan di PC komputer hingga perangkat mobile. Untuk itu , penulis bertujuan untuk membuat sebuah multimedia dengan memanfaatkan augmented reality di sebuah produk buku sebagai upaya pengenalan huruf alfabet kepada usia dini agar menjadi lebih interaktif.


Full Text:

PDF

References


Jacobs, Dr. Paul E. products/augmented-reality. www.qualcom.co.id. [Online] 2012. http://www.qualcomm.co.id/products/augmented-reality.

Indrawaty Youllia, Ichwan M, Putra Wahyu , “Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Anatomi Manusia Menggunakan Metode Augmented Reality”,Jurnal Informatika Universitas Teknologi Nasional Bandung, ,no 2,vol 4

Wahyutama Febrian, Samopa Febriliyan, Suryotrisongko Hatma "Penggunaan Teknologi Augmented Reality Berbasis Barcode sebagai Sarana Penyampaian Informasi Spesifikasi dan Harga Barang yang Interaktif Berbasis Android, Studi Kasus pada Toko Elektronik ABC Surabaya",JURNAL TEKNIK POMITS Vol. 2, No. 3, (2013)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.