PREDIKSI INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT (ISPA) DENGAN MENGGUNAKAN METODE RANTAI MARKOV PADA KLINIK CIHIDEUNG

Acihmah Sidauruk, Hendri Kurniawan, Adhitya Ronnie Efendi, Edi Winarko

Abstract


Begitu banyaknya data yang tersimpan akan menjadi sia-sia jika tidak dimanfaatkan. Hal ini terjadi pada klinik Ciheudeng, Garut. Data pasien yang tersimpan selama lebih dari satu dekade belum diolah. Padahal banyak sekali informasi yang dapat digali dari data tersebut. Salah satunya adalah informasi tentang banyaknya pasien yang terkena penyakit ISPA. Berdasarkan hal tersebut untuk mengetahui informasi yang lebih banyak pada data yang jumlahnya sangat besar digunakan teknik data mining. Sehingga dilakukan penelitian tentang prediksi penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Metode yang digunakan adalah metode rantai markov. Metode rantai markov adalah suatu metode statistik yang dapat mengetahui kejadian masa depan berdasarkan pada masa sekarang yang bersifat probabilistik dan kontinyu. Hasil dari penelitian ini adalah dapat diketahuinya peluang seseorang terkena penyakit ISPA sehingga tindakan dan pelayanan pada pasien yang terserang penyakit tersebut dapat diantisipasi sebelumnya. Selain itu juga bisa digunakan untuk mengambil arah kebijakan tertentu  


Full Text:

PDF

References


Ching, Wai- Ki and K. Ng., Michael, 2006, Markov chains model, Algorithms and Application, Hongkong.

Corwin, E.J., 2009, Buku Saku Patofisiologi, EGC, Jakarta

Han, J., Kamber, M., Pei, J., 2006,Data Mining: Concepts and Techniques, Third Edition.

Larose, D.T., 2005,Discovering Knowledge in Data Introduction to Data Mining, Wiley Interscience, New Jersey.

Tan, W. Y., 2002,Stochastic Models with Applications to Genetics, Cancers, Aids and Other Biomedical System,World scientific, Singapore.

A.S.R. Ansori, M. Hariadi, W. Endah,"Pemodelan Retakan Tiga Dimensi Akibat Ledakan Untuk Serious Games", in Proc. Semnasteknomedia 2013, pp.13-1, Januari 13,2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.