ANALISIS PENERIMAAN TEKNOLOGI SISTEM UJIAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN TEKNOLOGI

Wahyuni Setyowati, Wing Wahyu Winarno, Sudarmawan Sudarmawan

Abstract


 

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 pacitan yang selanjutnya disingkat dengan SMKN 1 Pacitan, saat ini evaluasi belajar yang digunakan oleh SMKN 1 Pacitan berupa sistem ujian online, Sistem Ujian Online adalah sistem evaluasi belajar siswa secara online pada jaringan lokal sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerimaan penggunanan sistem ujian online pada jaringan lokal sekolah menggunakan model UTAUT untuk mengetahui faktor-faktor UTAUT yang mempengaruhi penerimaan sistem ujian online pada jaringan lokal sekolah. Penelitian ini menggunakan metode SEM sebagai metode analisis data dengan dibantu menggunakan software AMOS, penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi berupa informasi faktor-faktor UTAUT apa yang mempengaruhi penerimaan sistem ujian online pada jaringan lokal sekolah. Diperoleh hasil akhir setelah dilakukan penelitian bahwa faktor-faktor yang terbukti mempengaruhinya adalah performance expectancy, social influence, facilitating conditions, self-efficacy, dan anxiety, perilaku penerimaan penggunaan sistem ujian online pada jaringan lokal sekolah di SMKN 1 Pacitan tidak dipengaruhi oleh faktor effort expectancy.


Full Text:

PDF

References


I Gusti Nyoman Sedana dan St.Wisnu Wijaya, Penerapan Model Utaut Untuk Memahami Penerimaan Penggunaan Learning Management System.

Arikunto, S. Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta,

Venkatesh V.,Morris,M.G., Davis, G.B., dan Davis,FD. User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View, MIS Quarterly,vol.27,no.3,2003,pp.425-478

Wijaya T. Analisis Structural Equation Model Menggunakan

Amos, Penerbit Universitas Atma Jaya Yogyakarta,2009.

Ghozali, Imam, 2013.Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi Dengan Program Amos 21.0, Cetakan Kelima, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.