Survey: Citizen-Centric Information Systems dengan Model Partisipasi di Beberapa Negara

Vitri Tundjungsari

Abstract


Strategi bottom-up sebagai konsep pembangunan yang melibatkan partisipasi dari pemangku keputusan dengan dukungan teknologi informasi saat ini merupakan hal yang mutlak, sebagai bagian dari demokrasi. Sistem informasi berbasiskan partisipasi masyarakat atau sering juga disebut sebagai citizen-centric information systems telah diimplementasikan di banyak negara. Artikel ini merupakan survey terhadap implementasi citizen-centric information systems di beberapa negara maju maupun negara berkembang (termasuk Indonesia). Hasil survey menunjukkan bahwa negara maju telah mengimplementasikannya pada berbagai domain (kesehatan, pendidikan); sedangkan negara berkembang umumnya masih bertahap untuk membangun sistem informasi dengan pendekatan partisipatif, termasuk Indonesia. Ini menunjukkan bahwa prospek dukungan teknologi dan komunikasi masih sangat terbuka luas untuk mewujudkan Citizen-centric information systems, khususnya di Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Byrne, E., Alexander, P.M., 2006, Questions of Ethics: Participatory Information Systems Research in Community Settings, Proceedings of SAICSIT 2006 PDC 2006 - the ninth Participatory Design Conference 2006, Trento, Italy, 1-5 August, 2006.

Ditjen Bina Bangda – Departemen Dalam Negeri (Forum Pengembangan Partisipasi Masyarakat), 2008, Panduan Penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa/ Kelurahan (Buku 1), Januari 2008.

Foth, M., Choi, J.H., Bilandzic, M., Satchell, C., 2008, Collective and Network Sociality in an Urban Village, Proceedings of Entertainment and Media in Ubiquitous.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.