Evaluasi Pengendalian Sistem Informasi Akademik Menggunakan Framework COBIT 4.1. (Studi Kasus STMIK AMIKOM Yogyakarta)

Sudarmawan Sudarmawan, Robert Marco, Tri Susanto

Abstract


Sistem Informasi Akademik merupakan aset bagi suatu perguruan tinggi yang bila dikelola dengan baik akan memberikan kelebihan untuk berkompetisi sekaligus meningkatkan kemungkinan bagi kesuksesan suatu usaha. Salah satu standar pengendalian sistem informasi yang sifatnya umum serta dapat diterima dan diterapkan secara internasional oleh perusahaan adalah Control Objective for Information and related Technology (COBIT). mencakup untuk ke-empat proses yang ada pada domain Plan & organize, Acquire & Implement, Deliver & Support, Monitor & Evaluate. Setiap level maturity berisi rincian pernyataan yang akan diberikan nilai pemenuhan (compliance value) sesuai dengan kondisi yang berlangsung. Perencanaan audit sistem informasi di STMIK AMIKOM menghasilkan langkah-langkah yang diperoleh dari pengidentifikasian ruang lingkup dan tujuan audit. Pentingnya audit sistem informasi dalam perusahaan. Yang digunakan untuk menyusun dan menerapkan model audit sistem infromasi dengan tujuan untuk memberikan masukan dan rekomendasi bagi pihak manajemen perusahaan untuk perbaikan pengelolaan sistem informasi di masa mendatang.


Full Text:

PDF

References


Tjokronegoro, Arjatmo. Mutu dan Profesionalisme Dosen (Tenaga Pendidik) dalam Perspektif Abad 21, Makalah Seminar Nasional Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia. Jakarta. 2000.

Setiawan, Alexander. Evaluasi Penerapan Teknologi Informasi Di Perguruantinggi Swasta Yogyakarta Dengan Menggunakan Model Cobit Framework, Makalah Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi Yogyakarta 200.

Champlain, Jack J. Auditing Information System: A Comprehensive Reference Guide New York: John Wiley & Son, 1998.

Champlain, Jack J.(2003), Auditing nformation System, 2nd ed., John Wiley&Sons.

Goodhue, D. L. Understanding User Evolution of Information Systems, Journal of Management Science. 1995.

Governance Institute. COBIT 4.1. USA: IT Governance Institute. 2004.

ISACA, 2004. COBIT Student Book, IT Governance Institute.

IT Assurance Guide: Using COBIT, Chicago, 2007.

Purwanto, Yudha.,dan Shaufiyah (2010), “Audit Teknologi Informasi dengan COBIT 4.1 dan is Risk Assessment (Studi Kasus Bagian Pusat Pengelolaan Data PTS XYZ)”, Konferensi Nasional Sistem dan Informatika 2010 (KNS&I10-049).

IT Governance Institute, 2007. COBIT 4.1 Framework, Control Objectives, Management Guidelines, Maturity Models, IT Governance Institute.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.