APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENANGGULANGAN PASCA BENCANA

Rikie Kartadie, Firman Asharudin, Tommi Suryanto, Prayudha Wibi Hascarya, L.B. Finansius Mando, Abdul Rajab, Arif Syam

Abstract


Secara nasional upaya penanggulan bencana harus dilakukan secara komprehensif dan sistematis. Daur hidup siklus spiral pada perancangan sistem informasi penanggulangan pasca bencana mengacu pada kerangka aktivitas yang dijabarkan pada pembahasan berikut;Objective settings, Risk assessment and reduction, Development and Validation,Planning. Secara garis besar sistem informasi ini dirancang untuk membantu penanganan bencana alam. Seperti penyaluran bantuan logistic, informasi rumah sakit, informasi korban bencana, dan informasi lainnya. Tujuan dari antarmuka pengguna adalah untuk memungkinkan pengguna menjalankan setiap tugas dalam kebutuhan pengguna jadi dalam membangun sebuah antarmuka pengguna harus berdasar pada kebutuhan pengguna. Pada level admin, sudah dapat mengelola data inventory logistic, data bantuan, data relawan, data korban (ditemukan/hilang) dan info situasi. Aplikasi ini dapat mengorganisasikan info dari tiap shelter sehingga data yang diperoleh tidak tumpangtindih.


Full Text:

PDF

References


BNPB, Peraturan Badan Nasional Penanggulangan Bencana No.4/2008 tentang Pedoman penyususnan rencana penanggulangan bencana, 2008.

BNPB, Rencana strategis badan nasioanal penanggulangan bencana 2010-1014, 2010

(Barry W. Boehm , “A Spiral Model of Software Development and Enhancement”),1988

Alfatah Hanif, Analisis dan Perancangan Sistem informasi untuk keunggulan bersaing persusahaan dan organisasi, andi offset, 2007


Refbacks

  • There are currently no refbacks.