SISTEM OTOMATIS PENCATAT PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN BERBASIS TEKNOLOGI ELEKTRONIKA

Samuel Ongkowijoyo

Abstract


Sistem pencatat pengunjung perpustakaan yang ada sekarang di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya kampus Kalijudan masih menggunakan sistem secara manual. Oleh sebab itu sistem pencatat pengunjung perpustakaan perlu terus ditingkatkan sehingga pengelolaan perpustakaan lebih baik. Penelitian ini merancang “Sistem Otomatis Pencatat Pengunjung Perpustakaan Berbasis Teknologi Elektronika di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kalijudan” dimana akan tercatat secara otomatis setelah pengunjung menggesekan kartu magnetik. Kartu magnetik dipilih karena telah dimiliki oleh masing-masing civitas akademika Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Spesifikasi sistem yang direalisasikan meliputi sistem data base pengunjung perpustakaan, 1 (satu) pintu masuk, 1 (satu) pintu keluar, dan pengelola perpustakaan dapat mengetahui jumlah pengunjung. Prototipe ini dikendalikan oleh mikrokontroler AT89C51 dengan magnetic card reader sebagai pendeteksi data. Sistem ini dapat menampilkan informasi pengunjung perpustakaan harian, bulanan, dan tahunan, serta membantu petugas perpustakaan mengelolah perpustakaan dan melihat data-data pengunjung perpustakaan pada waktu-waktu tertentu dengan lebih cepat dan dari proses pembuatan rangkaian utama alat ini berjalan dengan baik sebagai pengendali keluar masuk pengunjung perpustakaan dengan presentase keberhasilan 100%.


Full Text:

PDF

References


Muhammad, A., M., Janice, G., M., Rolin, D., M., 2006, The 8051 Microcontroller and Embedded systems Using Assembly and C, Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, New Jersey 07458.

Paulus, Andi, N., 2003, Teknik Antarmuka dan Pemrograman Mikrokontroler AT89C51, P.T. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Prasetya, Edi., 2010, Statistik Pengunjung Perpustakaan Berbasis Gateway (Pintu Gerbang) Otomatis dengan Barcode, Amikom ICT Award 2010, Yogyakarta.

_____,MAX220-MAX249 DataSheet, Maxim.

_____,Mikrokontroler AT89S51 DataSheet, Atmel.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.