PENGENALAN BUDAYA SUMATERA UNTUK ANAK-ANAK MELALUI ELEARNING BERBASIS MULTIMEDIA

Parno Parno, Puji Sularsih, Dharmayanti Dharmayanti, Jamaris Jamaris, Swesti Mahardini

Abstract


Teknologi pendidikan saat ini semakin maju seiring dengan perkembangan teknologi komputer dan multimedia, komputer sudah tidak bisa lagi disebut sebuah barang mewah yang hanya digunakan sebagai alat pengolah data saja, namun sudah bisa dimanfaatkan dalam segala hal seperti pada dunia pendidikan. Media pembelajaran yang ada saat ini masih bersifat konvensional dimana media yang digunakan adalah buku dan alat tulis. Aplikasi ELearning Berbasis Multimedia Pengenalan Budaya Sumatera Untuk Anak-anak ini merupakan sebuah aplikasi pembelajaran berbasis multimedia elektronik yang bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu alternatif untuk mengenalkan Budaya khususnya budaya Sumatera pada anak-anak khususnya yang masih berada pada tingkat Sekolah Dasar dengan metode berbeda yang digunakan dalam dunia pendidikan yang berbasis desktop. Aplikasi E Learning Multimedia ini bertujuan sebagai sarana baru pembelajaran bagi para anak-anak terkait dengan kebudayaan nasional, khususnya di Pulau Sumatera. Proses pembelajaran lebih menarik dengan adanya sentuhan multimedia dan adanya permainan tebak kata untuk menguji pemahaman pengguna tentang budaya Sumatera. Aplikasi ini juga sekaligus sebagai implementasi dari Green Learning yaitu dengan meminimalisir penggunaan kertas sebagai media belajar. Pembuatan Aplikasi dimulai dari perencanaan ide pembuatan aplikasi yang bersumber dari informasi yang telah dikumpulkan. Selanjutnya menganalisis kebutuhan dari Aplikasi yang akan dibuat. Perancangan Aplikasi dimulai dengan membuat rancangan tampilan Aplikasi. Setelah Proses perancangan selesai selanjutnya dilakukan evaluasi dan di implementasikan pada komputer. Aplikasi dibuat dengan menggunakan Adobe Flash CS4.


Full Text:

PDF

References


Jayan. 7 Jam Belajar Interaktif Flash CS4 untuk Orang Awam. Palembang: Maxikom.2009.

Madcom, Panduan Lengkap - Adobe Flash CS4 Profesional, cetakan pertama, Andi Publisher, Jakarta, 2009.

Rosenzweig, Gary. ActionScript 3.0 Game Programming University. Indiana: Que.2008.

Tim Penulis. Mengenal rumah adat, pakaian adat, tarian adat, dan senjata tradisional 33 provinsi di Indonesia. Jakarta: Penebar Cif, 2009.

Madcom, Panduan Lengkap - Adobe Flash CS4 Profesional, cetakan pertama, Andi Publisher, Jakarta, 2009. [6]URL : http://flashbynight.com/tutes/hangman, 10 Juni 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.