RISK ASSESSMENT DAN BUSINESS IMPACT ANALYSIS SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN DISASTER RECOVERY PLAN (STUDI KASUS DI STMIK AMIKOM YOGYAKARTA)

Mardhiya Hayaty, Abidarin Rosidi, M.Rudyanto Arief

Abstract


Bencana bisa datang kapan saja, tidak bisa ditentukan kapan, bagaimana terjadinya, dan berapa lama serta dampak yang ditimbulkan.. Disaster Recovery Plan adalah rencana yang dipersiapkan oleh organisasi dalam menghadapi bencana, prosedur dan langkah apa saja yang harus dilakukan tertera pada dokumen ini, sebagai dasar penyusunan dokumen tersebut, diperlukan beberapa penilaian risk assessment yaitu menganalisa terhadap segala kemungkinan ancaman dan business impact analysis menganalisa dampaknya terhadap kegiatan bisnis disebuah organisasi, penelitian ini dilakukan pada layanan sistem informasi mahasisw baru di STMIK AMIKOM Yogyakarta.Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa resiko atau ancaman yang berpengaruh terhadap kegiatan-kegiatan penerimaan mahasiswa baru, serta penentuan nilai RPO dan RTO yang dikehendaki oleh organisasi.


Full Text:

PDF

References


Cahyadi, Eddy, 2006, Kajian Business Continuity Plan Berdasarkan Kuantifikasi Nilai Ekonomis Sistem Aplikasi Pada Industri Penerbangan : Studi kasus pada PT.Garuda Indonesia, Tesis, Magister Ilmu Komputer program studi Teknologi Informasi Universitas Indoenesia, Jakarta.

Irham, Dolly, 2008, Kajian Disaster Recovery Center Call Center pada Industri Perbangkan, Tesis, Magister Teknologi Informasi, Universitas Indonesia, Jakarta.

Kefallinos Dionysis, Lambrou Maria A. and Sykas Efstathios D, 2009, An Extended Risk Assessment Model for Secure E-Government Projects, International Journal of Electronic Government Research, Vol. 5. - 1548-3886. Vishanth Weerakkody (Brunel University UK).

King Ruben [et al.], june 2010, Lessons of Disaster Recovery Learned for Information Systems Management in US Higher Education, International Journal of Information Systems for Crisis Response and Management (IJISCRAM), Vol. 2. - ISSN: 1937-9390.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.