PEMANFAATAN MODEL NUMERIK WRF v3.4 UNTUK INFORMASI CUACA PENERBANGAN

Fatkhuroyan Fatkhuroyan

Abstract


Cuaca merupakan unsur yang sangat penting untukkeselamatan penerbangan. Guna mendukungkelancaran penerbangan, maka informasi cuaca yangakurat dan tepat sangat diperlukan. WRF v3.4merupakan model numerik yang dipakai untukmemprediksi cuaca dan penelitian tentang atmosfer.Dengan memakai input data dari GFS (global ForecastSystem) lalu diproses kedalam WRF sehinggamenghasilkan beberapa luaran parameter cuaca yangbermanfaat untuk keselamatan penerbangan, sepertimisalnya prediksi arah dan kecepatan angin sertatemperatur udara di flight level tertentu, wilayah yangtertutupi awan serta prakiraan cuaca di bandara yangsemuanya bemanfaat guna mendukung kelancaranpenerbangan.


Full Text:

PDF

References


CICTT Aviation “Statistical Summary of CommercialJet Airplane Accidents : Worlwide Operation 1959-2011,ICAO Common Taxonomy Team, 2011.

Seaman,Nelson, Robert Gall, et. al, “The WRF Process :Streamlining The Transition of New Science FromResearch Into Operations.” NOAA/NWS/Office ofScience and Technology, Silver Spring, MD.2004.

Dudia, Jimy “The WRF Model : 2012 Annual Update”, 13thWRF Users’ Workshop, NCAR, 2012.

Dudia, Jimy “WRF Version 3.2 : New Features andUpdate”, 11th WRF Users’ Workshop, NCAR, 2010.

Fovell, Robert “WRF Tutorial for 3.0.1.1/ synoptic Lab”,UCLA, 2009.

Wei wang, Dave Gill “Set Up and Run WRF”, WRFUsers’ Workshop, NCAR, 2007.

Kuo, Bill, Barb Brwon “Highlights of DTC ModelTesting and Evaluation Result”, 13th WRF Users’Workshop, NCAR, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.