PEMODELAN REDAMAN HUJAN BERBASIS ARIMA PADA LINTASAN RADIO 28 GHz UTARA-SELATAN

Valian Ardhana, Achmad Mauludiyanto

Abstract


Semakin berkembangnya teknologi telekomunikasi mengakibatkan kebutuhan akan layanan komunikasi semakin meningkat. Salah satu sistem yang mampu menyediakan kapasitas kanal yang tinggi adalah Local Multipoint Distribution Services (LMDS) yang bekerja pada frekuensi 20-40 GHz. Permasalahan pada sistem yang bekerja di frekuensi diatas 10 GHz adalah mempunyai redaman yang cukup besar terutama yang diakibatkan oleh hujan sehingga menurunkan performansi sistem. Terlebih di Indonesia yang merupakan daerah tropis dengan curah hujan yang tinggi. Pada penelitian ini akan dimodelkan redaman hujan tropis berbasis ARIMA pada lintasan komunikasi radio 28 GHz. Pemodelan ARIMA menggunakan data redaman hujan hasil pengukuran secara langsung dengan jarak link 364 meter dan arah utara-selatan yang berlokasi di kampus ITS Surabaya. Hasil pemodelan yang didapat divalidasi dengan proses deteksi outlier, sehingga didapatkan model terbaik yang dapat digunakan sebagai peramalan redaman hujan. Analisa dan validasi juga dilakukan dengan membangkitkan redaman hujan time series mengikuti model ARIMA.  


Full Text:

PDF

References


F. Moupfouma and J. Tiffon, 1982, “Raindrop Size Distribution from Microwave Scattering Measurements in Equatorial and Tropical Climates”, Electronic Letters, Vol. 18, pp. 1012-1014. [2] Maagt, P. J. L., Touw, S. I. E., Dijk, J., Brusard, G., dan Allbutt, J. E. , 1993, “Result of 11.2 GHz Propagation Experiments in Indonesia”, Electron Lett., Vol. 29, pp. 1988-1990.

Kannellopoulos, J. D., dan Koukoulas, S. G. , 1991, “Outage Performance Analysis of Route Diversity Systems of Cellular Structure”, Radio Science, vol. 26, no. 4, pp. 289-299.

Van de Kamp, M. M. J. L. , 2003, “Rain Attenuation as a Markov Proccess : The Meaning of Two Sample”. 1 International Workshop, COST Action 280, ONERA, Toulouse, France.

Hendrantoro, G., dan Indrabayu, 2005, “A Multichannel Autoregresive Model of Rain Attenuation on Multiple Radio Links and Its Application in Assesment of Fade Mitigation Schemes in Fixed Wireless Systems Above 10 GHz”, Proceedings of the 28 URSI General Assembly, New Delhi, India.

Sosa, J., Sosa. C., dan Paz. B. , 2000, “ARIMA Models In The Rain Attenuation Prediction In a Mexican Tropical Area”, IEEE.

Mauludiyanto, A., Hendrantoro, G., Purnomo, M. H., Ramadhany, T., dan Matsushima, A., (2010), “ARIMA Modeling of Tropical Rain Attenuation on a Short 28- GHz Terrestrial Link”, IEEE Antennas and Wireless Propagation Letters, Vol. 9.

Crane, K. Robert, 2003, “Propagation Handbook for Wireless Communication System Design,” Handbook, New Hampshire.

P. Hutajulu, 2007, ”Model Statistik Fading Karena Hujan di Surabaya”, ITS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.