PENERAPAN ZACHMAN FRAMEWORK DALAM MERANCANG SISTEMPELAPORAN KERUSAKAN KOMPUTER

Andika Agus Slameto, Ema Utami, Abas Ali Pangera

Abstract


Zachman Framework merupakan salah satu metode EAP yang banyak digunakan diseluruh dunia dalam perancangan sistem dimana didalam metode ini perencanaan dilakukan dengan langkah-langkah yang sistematis, mudah dipahami dan dapat dijadikan kontrol untuk pengembangan sistem informasi ke depan. Hasil penelitian ini berupa blue print rancangan sistem yang dipetakan didalam bentuk matrik Zachman yang dilihat dari sudut pandang Planner dan Owner. Dengan menggunakan Zachman Framework dapat diperoleh informasi secara detail tentang bagaimana sistem informasi itu dirancang, segala kebutuhan baik data, sumber daya manusia dan infrastruktur yang mendukung berjalannya sistem informasi tersebut.  


Full Text:

PDF

References


Cook, Melissa A. (1996), Building Enterprise Information Architectures, Prentice Hall

Osvalds, G. (2001). Definition of Enterprise Architecture – Centric Models for The Systems Engineers, TASC Inc.

Radwan, A., and Majid Aarabi, (2011), Study of Implementing Zachman Framework for Modeling Information Systems for Manufacturing Enterprises Aggregate Planning, Proceedings of the 2011 International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, January 22 – 24, Kuala Lumpur, Malaysia.

Zachman, J.A., 12 Agustus 2012, John Zachman's Concise Definition of the Enterprise Framework, http://www.zachman.com/about-the-zachman-framework.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.