APLIKASI LAPORAN HARIAN STATUS PRODUKSI UNTUK PROJECT PERFORMANCE PIPE SDN. BHD. PADA PT. KHI PIPE INDUSTRIES (KRAKATAU STEEL GROUP)

Nursyahron Joko Febrianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membantu kegiatan produksi dalam rangka penyebaran rantai informasi pada lantai produksi di PT. KHI Pipe Industries. Kegiatan produksi yang dimaksud adalah pencatatan laporan produksi dengan bantuan perangkat lunak aplikasi untuk proyek pesanan pipa pancang dan pipa gas performance pipe sdn. bhd. Pencatatan laporan dilakukan berdasarkan Master Production Schedule (MPS) yang telah dibuat oleh sistem produksi yang dilaksanakan pada waktu shift kerja oleh operator produksi yang kemudian diinspeksi secara harian oleh kepala divisi produksi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah model terintegrasi komputer dalam membantu kegiatan manufaktur produksi yaitu dengan melakukan software-patching terhadap sistem basis data perusahaan. Alasan utama penggunaan metode ini adalah karena sistem telah ada dan telah dibuat, oleh karena kebutuhan tertentu sistem melakukan update. Hasil penelitian adalah implementasi aplikasi dengan umur proyek sebatas satu pengerjaan proyek yang kemudian bisa diolah ataupun dikembangkan lagi. Hasil penelitian ditunjukkan dengan pengukuran Function Point dimana pada tingkat frekuensi penggunaan dan tingkat kemungkinan application-reusable berada pada level Essential.


Full Text:

PDF

References


Baroto, Teguh., 2002, Perencanaan dan pengendalian produksi, PT Ghalia Indonesia, Bogor.

Budiarta, Pratama Wicaksana., Iriawan, Nur., 2010, Rancangan Sistem Informasi Manufaktur pada Implementasi PowerMax (studi kasus PT. Alstom Power Energy System Indonesia), ITS Surabaya.

Soedjianto, Felicia., Budhi, G.S., Gunawan, B. Suryadi., 2006, Pembuatan Sistem Informasi Produksi dan Pengendalian Persediaan : Studi kasus pada PT. Vonita Garment, Seminar Nasional Sistem dan Informatika, Bali.

Loures, E. Rocha., de Paula, M. A. Busetti., Santos, E. A. Portela., 2006, A control-monitoring-maintenance framework based on Petri net with objects in flexible manufacturing system, Third International Conference on Production Research, Americas’ Region 2006 (ICPRAM06).

Pressman, Roger S., 2001, Software engineering: a practitioner’s approach, Fifth Edition, p.816-817, McGraw-Hill.

IFPUG, International Function Point Users Group : http://www.ifpug.org/ . Diakses pada 23-Des-2012


Refbacks

  • There are currently no refbacks.