RANCANG BANGUN UJIAN ONLINE DENGAN OPTIMASI PEMILIHAN SOAL

Agustono Heriadi, Diema Hernyka Satyareni

Abstract


Pada penelitian ini dibuat sebuah rancang bangun ujian online dengan optimasi pemilihan soal pada studi kasus Universitas Nusantara PGRI Kediri. Tujuan dari penelitian ini untuk meminimalkan kecurangan mahasiswa yang sering kali menunggu hasil jawaban temannya dan kebiasaan mencontek pada ujian konvensional. Manfaat yang didapat adalah sebagai sarana pendukung dan alternatif bagi pengembangan sistem pendidikan yang efektif dan efisien dalam proses belajar mengajar di Perguruan Tinggi yang mengaplikasikannya; menghemat waktu, biaya dan tenaga; serta meningkatkan kualitas mahasiswa dengan optimasi pemilihan soal. Hasil dari penelitian ini adalah sistem ujian online yang dibuat sudah bisa meminimalkan kecurangan mahasiswa dalam menjawab soal dengan menggunakan optimasi pemilihan soal yaitu seberapa sering soal dimunculkan dan seberapa besar soal dijawab benar.


Full Text:

PDF

References


Alimudin, Akhmad., dkk. 2010, Perancangan dan Pembuatan CMS Try Out Online Pada Dinas Pendidikan Dengan Menggunakan Database Terdistribusi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Dimas, Mohammad., 2010, Implementasi Tanda Tangan Digital Sebagai Sebagai Pengamanan Ujian Online, Program Studi Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Delisle, M., 2006, Creating Your MySql Database, Brimmingham, Mumbai.

Handri, Rully., dkk.,2010, Pemanfaatan Remote Dekstop Untuk Optimalisasi Sistem Ujian Online, Program Studi Ilmu Komputer Universitas Pendidikan Indonesia.

Kusrini., 2007, Strategi Perancangan Dan Pengelolaan Basis Data, Andi, Yogyakarta.

Kadir, A., 2009. Membuat Aplikasi Web Dengan PHP Dan Database Mysql, Andi, Yogyakarta.

Nugroho, Bunafit., 2004, Aplikasi Pemograman Web Dinamis dengan PHP dan Mysql, Gava Media, Yogyakarta.

Syafi’i., 2009, Rancang Bangun Aplikasi Online Untuk Ujian Masuk Jalur Reguler (Mandiri) Di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Skripsi S1 UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Suryatiningsih, W.M., 2009, Web Programming, Politeknik Telkom, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.