OPTIMALISASI CLUSTER SERVER LMS DAN IPTV DENGAN VARIASI ALGORITMA PENJADWALAN

Didik Aribowo, Achmad Affandi

Abstract


Perkembangan teknologi informasi yang pesat, otomatis seiring juga dengan meningkatnya para pengguna yang terhubung pada jaringan internet. Berawal dari sebuah single server yang selalu mendapatkan request dari banyak user, perlahan tapi pasti akan terjadi overload dan crash sehingga berdampak pada request yang tidak dapat dilayani oleh single server. Desain arsitektur cluster dapat dibangun dengan menggunakan konsep network load balancing yang memungkinkan proses pengolahan data di share ke dalam beberapa komputer, salah satu caranya menggunakan teknologi linux virtual server via NAT. Dalam linux virtual server terdapat beberapa algoritma penjadwalan yang dapat mempengaruhi kinerja sistem LVS. Performansi masingmasing algoritma penjawalan tersebut dapat diamati dengan menekankan pada parameter yang diuji, yaitu throughput, respon time, reply connection, dan error connection sehingga didapatkan algoritma penjadwalan terbaik dalam rangka optimalisasi cluster server LMS dan IPTV. Da l am p r o s e s l o a d b a l a n c i n g mamp u me n g u r a n g i b e b a n k e r j a s e t i a p server sehingga t i d a k a d a server yang overload, sehingga memungkinkan server untuk menggunakan bandwidth yang tersedia secara lebih efektif, dan menyediakan akses yang cepat ke web browser yang dihosting. Implementasi webserver cluster dengan skema load balancing dapat memberikan alvalaibilitas sistem yang tetap terjaga dan skalabilitas yang cukup untuk dapat tetap melayani setiap request dari pengguna.


Full Text:

PDF

References


Pranata, A., 2011. Rancang Bangun Server (Lms) Berbasis Metode Load Balancing. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Elektro ITS. Surabaya.

Rad Hat, inc., 2008, Rad Hat Cluster Suite For Rad Hat Interprise Linux.

Rusfa, “Rancang Bangun Layanan Pause TV Pada Televisi Digital berbasis Internet Protocol (IPTV)”, Tugas Akhir. Jurusan Teknik Elektro ITS.Surabaya, 2011.

Utomo, Junaidi., April 2001. Dampak Internet Terhadap Pendidikan : Transformasi atau Evolusi. Seminar Nasional Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Zang Wenshong., 1998, Round-Robin scheduling, http://kb.linuxvirtualserver.org/wiki/Round- Robin_Scheduling

Zang Wenshong., 1998, Least-Connection scheduling,http://kb.linuxvirtualserver.org/wiki/ Least_Scheduling.

Zhang Wensong. 1999. Linux Virtual Server for Scalable Network Services. Hunan: National Laboratory for Parallel & Distributing Processing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.