APLIKASI PEMBELAJARAN MUSIK TRADISIONAL MELALUI METODE SIMULASI BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI)

Yudi Irawan Chandra, Eriek Orlando

Abstract


 Pemanfaatan komputer dalam pendidikan dikenal dengan pembelajaran dengan bantuan komputer (CAI). Computer Assisted Instruction (CAI) dapat menghasilkkan sistem penyampaian materi pelajaran yang berbasis mikroposesor yang pelajarannya dirancang dan diprogram ke dalam sistem tersebut. Dalam mode ini, komputer bisa menampilkan pembelajaran, menggunakan berbagai jenis media (teks, gambar, suara, video), menyediakan aktivitas dan suasana pembelajaran, kuis atau dengan menyediakan interaksi dari siswa, mengevaluasi jawaban siswa, menyediakan umpan balik dan menentukan aktivitas tindak lanjut yang sesuai sehingga siswa dapat berinteraksi secara aktif. Program aplikasi virtual musik tradisional yang dibuat menggunakan Adobe Flash Professional CS5 adalah suatu aplikasi yang menampilkan alat musik tradisional yang dapat dimainkan sesuai dengan alat musik yang sebenarnya. Hal ini dimaksudkan agar aplikasi ini dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran dan dapat memudahkan masyarakat dan khususnya anak-anak usia dini untuk mengenal lebih jauh tentang alat-alat musik tradisional Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Alessi, S.M. dan Trollip, S.R. (1985). Computerbased Instruction: Method and Development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Boysen, P. (1993). A Guide to ABC for Programmers. Ames, IA: Iowa State

Bright, G.W. (1983). Explaining the Effeciency of Computer Assisted Instruction. AEDS Journal, 16(3), 144-152.

Chanond, K. (1988). The effects of feedback, correctness of response and response confidence on learner’s retention in CAI. In Simonson (Ed.), Proceedings of Selected Research Paper Presentations. New Orleans, LA: Association for Educational Communications and Technology.

Clark, R. (1983). Reconsidering research on learning from media. Review of Educational Research, 53(4), 445-549.

Emmer, E.T. dan Sanford, J.P. (1981). The Classroom Management Improvement Study: An Experiment in Elementary Schools. Austin, TX: University of Texas.

Gagne, R.M., Wagner, W. Dan Rojas. (1981). Planing and authoring computer assisted Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2013 STMIK AMIKOM Yogyakarta, 19 Januari 2013 ISSN : 2302-3805 11-12 instruction lessons. Educational Technology, 21(9), 17-26.

Kozma, R. (1982). Instructional design in a chemistry laboratory course: The impact of stucture and aptitudes on performance and attitudes. Journal of Research in Science Teching, 19, 261-270.

Kulik, J., Kulik, C.dan Cohen, P. (1980). Effectiveness of computer-based college teaching: A meta-analysis of findings. Review of Educational Research. 50(1), 525-544.

Lilie, D.L., Hannum, W.H. dan Stuck, G.B. (1989). Computers and Effective instruction. New York:

Logman. Maddux, D.C. (1992). User-developed computer-assisted instruction: Alternatives in authoring software. Educational Technology. 4, 7-12.

Newby , T. J., Step ich, D. A., Lehman, J. D., & Russel J. D.2006. Educational Technology for Teachingand Learning. Upp er Saddle River, NJ : Pearson M errill Prentice Hall.

University Computation Center., (1994). ABC-An object-oriented Instructional System [ABC documentation on Project Vincent], Ames, IA: Iowa State University.

http://anaktebidah.blogspot.com/2012/03/alatmusik- tradisional-nusantara.html (diakses pada tanggal 18 Maret 2012)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.