FIRST-PERSON SHOOTER 3D “GAMASHOOT” DENGAN BLENDER DAN UNITY 3D
Abstract
Semakin tingginya minat masyarakat akan permainan (game) menuntut para designer dan developer industri kreatif untuk mengembangkan ide dan kemampuannya. Game diminati mulai dari anak-anak sampai dewasa baik pada papan permainan (boardgame), konsol, arcade, handheld, maupun komputer. Game pada saat ini yang lebih menarik dimainkan adalah game yang sudah berbasis 3D karena objek yang terdapat pada game tersebut terlihat lebih nyata (real). Dari sekian banyak game 3D yang ada, hanya sedikit game 3D yang dibuat oleh designer dan developer dari Indonesia karena pemrograman game dapat dikatakan cukup sulit. Pada penelitian ini dikembangkan modul kursus baru untuk merancang dan membuat First-Person Shooter 3D Game Design and Development yang berciri khas Indonesia, seperti: bentuk fisik karakter, penggunaan bahasa, dan lingkungan game (mapping) dengan Blender untuk modeling objek 3D dan 3D Unity sebagai Game Engine.
Full Text:
PDFReferences
Andry A, 2003, Pengantar JavaScript, Ilmu Komputer.
Dawang M, 2005. Desain Game, http://game worldamazing.wordpress.com, Tanggal akses : 7 Juni 2012
Dharwiyanti Sri, 2003, Pengantar Unified Modeling Language (UML), www.Ilmu Komputer.com, Tanggal akses : 6 Juni 2012
Lindsay G, 2005, Game Type and Game Genre, http://aii.lgrace.com/documents/Game_types_and_genres. pdf, tanggal akses : 6 Juni 2012
Soekahar F.J, 2004, Open Source 3D Animation: Blender Publisher, Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.