IMPLEMENTASI SPK UNTUK SELEKSI CALON GURU DI SMK BINA MARTA

Tri Widayati

Abstract


Tidak bisa dipungkiri bahwa semakin hari perkembangan teknologi semakin pesat. Segala sesuatu yang dahulu dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu yang lama kini bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Perkembangan teknologi yang semakin pesat ini tentunya juga ditunjang oleh semakin meningkatnya ilmu pengetahuan serta kebutuhan manusia. Untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam bidang pengambilan keputusan, ilmu komputer memisahkan ke dalam bidang kajian tersendiri, yaitu bidang Sistem Penunjang Keputusan (SPK) atau Decision Support System (DSS). Dalam paper ini dibuat sistem penunjang keputusan untuk seleksi calon guru di SMK Kesehatan Bina Marta Martapura, yang mana dalam penerapannya, sistem ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk memberikan nilai perbandingan masing-masing kriteria dan subkriteria yang dijadikan pertimbangan dalam menyeleksi calon guru. Dari hasil perbandingan yang dilakukan menghasilkan nilai prioritas kriteria dan subkriteria yang selanjutnya akan digunakan untuk mengolah nilai calon guru. Bagi calon guru yang memiliki total nilai tertinggi dan peringkat teratas maka dapat dijadikan pertimbangan sebagai kandidat calon guru SMK Kesehatan Bina Marta Martapura.  


Full Text:

PDF

References


Hartono, Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Hermawan, Julius. 2005. Membangun Decision Support System. Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Turban, Efraim. 2005. Decission Support Systems and Intelligent Systems, Jilid 2. Penerbit ANDI, Yogyakarta

Maulina. 2010. Pengembangan Perangkat Lunak Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Petugas Perpustakaan Desa Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Tugas Akhir Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya, Palangka Raya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.