PEMODELAN RETAKAN TIGA DIMENSI AKIBAT LEDAKAN UNTUK SERIOUS GAMES

Anton Siswo R.A., M Hariadi, Endah W

Abstract


Pada penelitian ini, peneliti melakukan pemodelan retakan akibat ledakan dengan menggunakan validasi data dari lintas bidang keilmuan untuk dimanfaatkan tidak hanya pada pada Serious game yang kami kerjakan, tetapi dapat digunakan juga ada bidang lain. Selama ini, banyak penelitian tentang retakan yang menggunakan data fraktal atau retakan yang digenerate berdasarkan arah dan pola tertentu secara grafis dan atau berdasarkan visualisasi kasat mata. Dari hasil penelitian, didapatkan panjang, lebar dan arah retakan, apabila dilakukan rekonstruksi dari data tersebut, menghasilkan visualisasi secara tiga dimensi.


Full Text:

PDF

References


Cheng, Z., & all, e. (2010). research on Design of Serious Game Based on GIS. IEEE, 231.

Cooper, P. (1996). Explosives Engineering. Dalam P. Cooper, Explosives Engineering (hal. 406). New York: Wiley-VCH.

Gervasi, T. (1981). Arsenal of Democracy II: American Military Power in the 1980s and the Origins of the New Cold War: with a Survey of American Weapons and Arms Exports. New York: Groove Press.

Hulusi´c, V., Debattista, K., & Chalmers, V. A. (2010). Exploiting Audio Visual Cross-modal Interaction to Reduce Computational Requirement in Interactive Environment. Second International Connference on Games and Vertical World for Serious Application (hal. 126). IEEE.

Ngo, T., Mendis, P., & Gupta, A. &. (2007). Blast Loading and Blast Effects on Structures – An Overview. EJSE Special Issue: Loading on Structures, 76-91.

Parker, E., & O'Brien, J. F. (2009). Realtime- Deformation and Fracture in a Game Environment. Eurographics/ACM SIGGRAPH Symposium on Computer Animation.

Smith, R. (n.d). Game Impact Theory: The Five Forces That Are Driving the Adoption of Game Technologies within Multiple Established Industries. US: n.d.

SNI. (2002). Tata Cara Perhitungan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung (Beta Version). Bandung.

(t.thn.). The Physics of the Game. Dalam Teach Yourself Game Programming in 21 Day (hal. 681-715).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.