SISTEM INFORMASI TERDISTRIBUSI PADA MANAJEMEN INVENTARISASI PERALATAN LABORATORIUM

Ratih Kumalasari Niswatin

Abstract


Pada penelitian ini dibuat sebuah sistem informasi terditribusi pada manajemen inventarisasi peralatan laboratorium dengan studi kasus pada laboratorium di EEPIS-ITS. Sistem ini dibangun dengan memanfaatkan teknologi replikasi pada database MySql dan menggunakan web beserta Php sebagai media interface-nya.. Dengan menggunakan sistem terdistribusi maka database inventarisasi peralatan laboratorium akan direplikasi ke komputer komputer disetiap laboratorium dimana setiap perubahan data yang terjadi pada satu laboratorium akan diambil dan disimpan setempat sebelum diteruskan dan diterapkan disetiap komputer pada laboratorium lain. Dengan demikian masalah ketersediaan data, kecepatan akses, dan komunikasi jaringan antar laboratorium dan pengelolanya dapat dijamin ketahanan dan kestabilannya.

Full Text:

PDF

References


Syarifuddin Rouf, 2006, Database Terdistribusi Berbasis Oracle Untuk Aplikasi Perbankan, Proyek Tugas Akhir Poltek Elka, Surabaya.

Suharyanto, 2002, Sistem Informasi Manajemen (SIM) Peralatan Laboratorium yang Berhubungan dengan Perawatan & Perbaikan di PENS-ITS, Proyek Tugas Akhir Poltek Elka, Surabaya.

Sri Hartati W. S.Si, Rita Widiarti, S.Si, Model Ajar Sistem Basis Data Terdistribusi, Universitas Sanata Dharma.

Purwono Hendradi, 2012, Penerapan Tabel Routing Hirarki Untuk Peningkatan Keamanan Data pada Pengolahan Data Terdistribusi, Jurnal KNSI 2012 no.258 hal.998 STMIK STIKOM Bali.

Tajuddin Abdillah, 2012, Rancang Bangun Manajemen Transaksi Berbasis Web Service Untuk Database Terdistribusi (STudi Kasus : Sistem Musrenbang pada Desa Bulila Kecamatan Telaga), Jurnal KNSI 2012 no.170 hal.654 STMIK STIKOM Bali.

Bunafit Nugroho, 2004, Aplikasi Pemrograman Web Dinamis dengan Php dan MySql, Gava Media, Yogyakarta.

Wahana Komputer, 2006, Pengolahan Database dengan MySQL, ANDI, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.