FAILOVER CLUSTER SERVER DAN TUNNELING EOIP UNTUK SISTEM DISASTER RECOVERY

Nanang Purnomo, Melwin Syafrizal

Abstract


Disaster Recovery Plan adalah upaya untuk mencegah risiko dengan melindungi infrastruktur dan resource dari serangan, atau akibat terjadinya bencana. Sistem dapat menjamin bahwa proses bisnis dan pelayanan dapat terus berlanjut dalam keadaan darurat. Bila terjadi bencana, pemulihan dapat dilakukan cepat dan hanya mengakibatkan dampak minimum bagi organisasi atau perusahaan. Ketika sistem utama mengalami gangguan maka layanan akan dialihkan ke sistem lain. Misal server data nasabah tidak bisa diakses, service server seperti web, mail, database, billing, tidak berjalan dengan baik, maka server yang berada di tempat lain akan menggantikan. Failover cluster adalah sekumpulan server independen yang bekerja bersamasama untuk memberikan pelayanan dengan saling backup data dan siap memberikan layanan ketika server lain down. Pemanfaatan Tunneling EoIP memungkinkan sistem backup server dapat diletakkan pada area geografis yang berbeda dengan memanfaatkan tunneling data melalui jaringan internet.


Full Text:

PDF

References


Hartono, A. 2010. Petunjuk Praktis Disaster Recovery Plan & Risk Management, http://www.sysneta.com , (11 Juli 2012)

JH Software. 2012. Simple failover. http://www.simplefailover.com/ (12 August 2012) [3] MikroTik. 2005. EoIP http://www.mikrotik.com/testdocs/ros/2.9/interface/ eoip.php (September 2012)

MSDN, 2012, Failover Cluster, http://msdn.microsoft.com/en-us/library/ ff650328.aspx (September 2012)

Noname. 2008. Appendix C: Reviewing Key Failover Cluster Terms, http://technet.microsoft.com/enus/ library/dd197457(v=WS.10).aspx (September 2012)

Tenggosoft. 2012. http://tenggosoft.wordpress.com/linux-fedora-core- 13-dan-14/clustering/software-pendukung-failover/ (September 2012)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.