IMPLEMENTASI TEKNOLOGI LOAD BALANCER DENGAN WEB SERVER NGINX UNTUK MENGATASI BEBAN SERVER

Effendi Yusuf, Tengku A Riza, Tody Ariefianto

Abstract


Kebutuhan akan koneksi Internet semakin meningkat seiring dengan berlimpahnya perangkat yang bisa dipakai untuk menjelajah di ranah maya. Web server merupakan penyedia layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi Hypertext Transfer Protocol (HTTP) atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web. Banyaknya permintaan pengguna terhadap web server atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web, sehingga dibutuhkan load balancer untuk mendistribusikan beban pengaksesan pada dua atau lebih jalur koneksi agar tidak berpusat ke salah satu perangkat jaringan saja. Teknologi load balancer ini menggunakan web server Nginx. Nginx merupakan salah satu dari sebagian perangkat lunak untuk server. Kelebihan Nginx adalah karena performanya yang tinggi, stabil, memiliki banyak fitur, mudah dikonfigurasi, dan menggunakan sedikit sumberdaya pada server. Dalam penelitian ini akan diimplementasikan sebuah jaringan yang terdiri dari, load balancer server, web server dan database server, menggunakan Virtual Private Server (VPS). Dengan hasilnya akan didapat sebuah jaringan yang dapat melayani berkas-berkas yang terdapat pada situs web dengan membagi-bagi beban pengaksesan yang datang ke beberapa server, jadi tidak berpusat ke salah satu perangkat jaringan saja.


Full Text:

PDF

References


http://www.sherin.co.in/openxcluster121/ tanggal terakhir mengakses 30 April 2012.

Rijayana, Iwan (2005). Teknologi Load Balancing Untuk Mengatasi Beban Server. From http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/view/1385/ 1165, 10 Oktober 2011.

Nedelcu, Clément. 2010. Nginx HTTP Server. Birmingham: Packt Publishing Ltd

http://linux.die.net/man/1/httperf. Tanggal terakhir mengakses 31 April 2012.

Andrew S. Tanenbaum, Computer Network, 3rd Edition, Prentice Hall, New Jersey, 1996

Anita Sesar Ria, Pengenalan PHP, form http://my.cic.ac.id/stmik/files/blogfile/2006104002- 090422084513.pdf. Tanggal terkahir mengakses 25 Desember 2012.

http://www.rumahweb.com/vps-indonesia. Tanggal tanggal terakhir mengakses 25 Desember 2012


Refbacks

  • There are currently no refbacks.