PEMODELAN KEKUATAN SINYAL WIRELESS DENGAN METODE FINITE DIFFERENCE TIME DOMAIN

Robby Gunawan, Sunarni Sunarni, Pranowo Pranowo

Abstract


Berkembangnya teknologi informasi mengubah jalur komunikasi dari kabel menjadi non-kabel atau wireless. Banyaknya infrastruktur jaringan wireless yang telah ter-install dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. Hal ini membuat pentingnya pemodelan terhadap sinyal wireless, karena berdasarkan kekuatan sinyal yang terpetakan dapat membantu memperoleh letak dari suatu objek yang menangkap sinyal tersebut. Pemodelan ini dikembangkan dengan menggunakan metode Finite- Difference Time-Domain (FDTD) yang biasa digunakan untuk merancang antena atau radar, bahasa pemrograman C++, dan visualisasi grafis dengan menggunakan OpenGL untuk memodelkan sinyal wireless yang dipancarkan dalam sebuah ruang. Perancangan model yang dikembangkan ini dapat membantu perancangan jaringan wireless dan pemetaan lokasi dalam suatu ruang.


Full Text:

PDF

References


Hasegawa, Tomotsugu., Iwamoto, Yoshinori, Omiya, Manabu., Hikage, Takashi., 2007, FDTD Analysis of Incident Plane Wave Indoor Propagation, Proceedings of ISAP2007, Niigata, Japan.

Kunz, Karl S., Luebbers, Raymond J., 1993, The Finite Difference Time Domain Method for Electromagnetics, CRC Press, United States of America.

Sullivan, D. M., 2000, Electromagnetic Simulation using the FDTD method, IEEE Press, United States of America.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.