KLASIFIKASI JENIS DAN FASE PARASIT MALARIA PLASMODIUM FALCIPARUM DAN PLASMODIUM VIVAX DALAM SEL DARAH MERAH MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE ONE AGAINST ONE

Endi Permata, I Ketut Eddy Purnama, Mauridhi Hery Purnomo

Abstract


Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh protozoa yang disebut Plasmodium, yang dalam salah satu tahap perkembang biakannya akan memasuki dan menghancurkan sel-sel darah merah . Ada empat spesies yang menyebabkan malaria pada manusia yaitu: plasmodium falciparum, plasmodium.vivax, plasmodium ovale dan plasmodium malariae. Namun kasus malaria yang banyak ditemukan di indonesia hanya spesies Plasmodium falciparum dan Plasmodium vivax. Dari hasil percobaan tahap klasifikasi menggunakan metode support vector machine one against one didapatkan hasil akurasi falciparum thropozoit 95,55%, falciparum schizont 93,48% , falciparum gametocyte 91,11 %, vivax thropozoit 88,88%, vivax schizont 92,22% dan vivax gametocyte 85%.


Full Text:

PDF

References


Andi Kusuma Indrawan (2011), “Identifikasi Fase Plasmodium Falciparum Menggunakan Active Contour dan Support Vector Machine” tesis jaringan cerdas multimedia ITS.

Díaz, G., González, Fabio A., Romero, Eduardo, 2009. A semi-automatic method for quantification and classification of erythrocytes infected with malaria parasites in microscopic images, J. of Biomedical Informatics,42:296–307.

Di Ruberto, Cecilia, Dempster, Andrew, Khan, Shahid, Jarra , Bill 2002. Analysis of infected blood cell images using morphological operators, Image and Vision Computing, 20:133-146.

Nugroho, A.S., Witarto, B.A., Handoko, D., (2003), “ Support Vector Machine – Teori dan Aplikasinya Dalam Bioinformatika”, Kuliah Umum Ilmu Komputer.com

Wahab, Iis Hamsir Ayub 2008, Identifikasi parasit malaria dalam darah menggunakan segmentasi citra digital dan jaringan syaraf tiruan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.