Pemodelan Pemanfaatan Protokol SIP dalam Mobile Monitoring Kejadian Abnormal pada Sensor Nirkabel

Andreo Yudertha, Widyawan Widyawan, Sujoko Sumaryono

Abstract


Teknologi Wireless Sensor Network (WSN) telah banyak diterapkan dalam berbagai bidang dalam memonitor gejala-gejala lingkungan. Salah satu aspek yang menjadi persoalan dalam memonitor dengan menggunakan WSN adalah intensitas pemantauan yang menuntut pengguna untuk selalu mengamati dari sistem monitoring setiap saat. Seiring perkembangan teknologi, WSN telah dikombinasikan dengan teknologi lainnya, seperti Internet. Pemanfaatan Internet pada WSN mampu meningkatkan mobilitas dalam memantau WSN serta kenyamanan bagi pengguna. Salah satu cara yang digunakan untuk mengimplementasikan pemantauan WSN melalui Internet selain dengan menggunakan protokol HTTP adalah memanfaatkan protokol SIP. Protokol SIP merupakan protokol pada layer aplikasi yang umumnya dimanfaatkan dalam mengatur sesi komunikasi pada VoIP. Perancangan model dilakukan dengan mengadaptasikan arsitektur dan komponen dari protokol SIP dalam menyampaikan data sensor ke pengamat. Data disampaikan ke user apabila terjadi kejadian abnormal pada objek yang dipantau. Selain itu, skema komunikasi yang diterapkan mengadopsi skema komunikasi pada aplikasi VoIP. Pada model yang dihasilkan dalam perancangan arsitektur, dapat dilihat bahwa protokol SIP dapat dijadikan media penyampaian data melalui Internet. Selain itu, dengan memanfaatkan protokol SIP mobilitas dari pengamat dapat meningkat dalam melakukan pemantauan.  


Full Text:

PDF

References


W.-Y. Chung, Y.-D. Lee, and S.-J. Jung, “A wireless sensor network compatible wearable u-healthcare monitoring system using integrated ECG, accelerometer and SpO2,” in 30th Annual International Conference of the IEEE Engineering in Medicine and Biology Society, 2008. EMBS 2008, 2008, pp. 1529–1532.

A. G. F. Elias, J. J. P. C. Rodrigues, L. M. L. Oliveira, and B. B. Zarpelao, “A Ubiquitous Model for Wireless Sensor Networks Monitoring,” in 2012 Sixth International Conference on Innovative Mobile and Internet Services in Ubiquitous Computing (IMIS), 2012, pp. 835–839.

A. GowriDurga and B. Prakash, “A Zigbee Sms alert system with trust mechanism in wireless sensor networks,” in 2013 International Conference on Information Communication and Embedded Systems (ICICES), 2013, pp. 1010–1014.

S. Tomic and P. Todorova, “SIP meets ZigBee,” in Mobile and Wireless Communications Summit, 2007. 16th IST, 2007, pp. 1–5.

S. Tomic and P. Todorova, “SIP meets ZigBee,” in Mobile and Wireless Communications Summit, 2007. 16th IST, 2007, pp. 1–5.

J. Rosenberg, H. Schulzrinne, G. Camarillo, A. Johnston, J. Peterson, R. Sparks, M. Handley, and E. Schooler, “RFC 3261 - SIP: Session Initiation Protocol,” SIP: Session Initiation Protocol, Jun-2002. [Online]. Available: http://tools.ietf.org/html/rfc3261. [Accessed: 29-Jun-2013].

H. Karl and A. Willig, Protocols and architectures for wireless sensor networks. Hoboken, NJ: Wiley, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.