APLIKASI PENJADWALAN PERKULIAHAN MENGGUNAKAN ALGORITMA SEQUENTIAL SEARCH DAN FORWARD CHECKING

Eduardus Hardika Sandy Atmaja, Eko Hari Parnadi

Abstract


 Penyusunan jadwal perkuliahan secara manual selain memakan banyak waktu juga membutuhkan ketelitian agar tidak terjadi tabrakan jadwal. Banyaknya kombinasi jadwal dan berbagai constraint yang diberikan, antara lain : dosen yang memiliki jabatan struktural tidak dapat dijadwalkan pada waktu tertentu, setiap mahasiswa pada semester yang sama tidak boleh kuliah lebih dari dua sesi semakin menambah rumit dalam penyusunan jadwal. Selain itu, penyusunan jadwal juga harus mempertimbangkan prioritas untuk Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) yang dikelola oleh Unit Penyelenggaran Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (UP MPK). Aplikasi penjadwalan mata kuliah ini dirancang dengan mempertimbangkan ketersediaan hari, sesi dan ruangan serta mengakomodasi constraint yang diberikan. Dengan demikian jadwal yang dihasilkan menjadi lebih baik dan tidak memakan banyak waktu jika dibandingkan dengan cara manual. Algoritma sequential search dimanfaatkan untuk mencari kombinasi jadwal yang tidak bertabrakan serta disimpan dalam bentuk array. Sedangkan forward checking digunakan untuk mengecek semester pada jadwal yang telah terbentuk perhari. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi penjadwalan menggunakan algorima forward checking dan sequential search mampu menghasilkan efisiensi pemakaian ruang sebesar 80% sedangkan dengan cara manual, efisiensi pemakaian ruang hanya sebesar 71,4%. Aplikasi ini juga efektif, dalam arti tidak ada jadwal yang bertabrakan satu sama lain.


Full Text:

PDF

References


Werra, D.D., “An Introduction to Timetabling. European Journal of Operational Research”, 19(2) 151–162, 1985.

Barták, R., “On-Line Guide To Constraint Programming”, http://kti.mff.cuni.cz/~bartak/constraints/, 2007.

Ozcan, E., Alken, A., “Timetabling using a Steady State Genetic Algorithm. In: The 4th International Conference on the Practice And Theory of Automated Timetabling”, 2002.

Chiarandini, M., Birattari, M., Socha, K., Rossi- Doria, O., “An Effective Hybrid Algorithm for University Course Timetabling”, Journal of Scheduling 9(5) (2006) 403–432, 2006.

Utami Ema, dkk., “STRUKTUR DATA : Konsep dan Implementasinya dalam Bahasa C dan Free Pascal di GNU/Linux”, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.