PENERAPAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK (E-COMMERCE) PADA USAHA KECIL MENENGAH DI KOTA PALEMBANG

Eka Puji Agustini

Abstract


 Dalam pembangunan ekonomi di Indonesia, UKM selalu digambarkan sebagai sektor yang mempunyai peranan penting, karena sebagian besar jumlah penduduknya berpendidikan rendah dan hidup dalam kegiatan usaha kecil baik disektor tradisional maupun modern. Peranan usaha kecil tersebut menjadi bagian yang diutamakan dalam setiap perencanaan tahapan pembangunan yang dikelola oleh dua departemen, yaitu Departemen Perindustrian dan Perdagangan dan Departemen Koperasi dan UKM. Namun demikian usaha pengembangan yang telah dilaksanakan masih belum memuaskan hasilnya, karena pada kenyataannya kemajuan UKM sangat kecil dibandingkan dengan kemajuan yang sudah dicapai usaha besar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Palembang terhadap aplikasi perdagangan elektronik ( e-commerce) .Dari hasil penelitian ini didapat persepsi bahwa penerapan e-commerce untuk mendukung system operasi usahanya cukup bermanfaat secara backward dari pemasaran produk, mejaga persediaan produk, proses pembuatan sampai dengan pengadaan bahan. Setidaknya hal tersebut terbukti dari hasil studi terhadap 103 UKM di Kota Palembang.


Full Text:

PDF

References


Basri, Rahman, Arief, Peranan Teknologi Informasi Dalam peningkatan Daya saing Usaha Kecil Menengah, Seminar Nasional Aplikasi teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009) Yogyakarta, 20 Juni 2009

Computerworld (2006), “SMEs: Next Engine of Growth”, (Online), http://computerworld.com.my.

Fatimah Mohd Arshad (1999), “Prioritising research in Marketing in A Computer Mediated Enviroment In Malaysia”, (online), hhtp://www.econ.upm.edu.my.

O’Brien, J.A., (2005) Introduction To Information System”, 12th ed.,McGraw Hill, Irwin

Hagel, J., and Lansing, W.J., (1994), “Who Owns the Customer”, The Mc Kinsey Quarterly, Vol. 4, pp63-75.

Farhoomand,A and Lovelock,P (2001), “Global E-commerce:Text & Cases”, Prentice Hall,U.S.A., page 336-352.

Erwin Dan (2000), “Data Security Seen Crucial for E-Commerce Success”, National Underwriter Property & Casualty-Risk & Benefits Management (Magazine/Journal), Vol.104, No.20, pp 9.

Wilson, D. & Drysdale, P., (2001), “Perspective”’ in P Drysdale (ed), Reform and Recovery inEast Asia – The Role of the State and Economic Enmterprise, Routledge, London.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.