MEMBANGUN E-LERNING MENGGUNAKAN MOODLE PADA STMIK WIDYA CIPTA DHARMA SAMARINDA

Siti Qomariah, Heny Pratiwi, Ita Arfyanti

Abstract


Perkembangan tekologi informasi (TI) yang semakin pesat, kebutuhan akan sebuah konsep dan mekanisme belajar mengajar berbasis IT menjadi tak terelakan lagi. Konsep ini kemudian dikenal dengan  sebutan E-lerning. E-lerning adalah kependekan dari elektonic lerning yang membawa perubahan kedalam tranformasi pendidikan konvensional menuju pendidikan dalam bentuk pendidikan terkomputerisasi.

Dengan e-learning guru bisa menyampaikan materi pembelajaran melalui internet sehingga siswa dapat mengakses meteri tersebut kapan saja dan dari mana saja.  Kini banyak portal e-learning yang dikembangkan dengan perangkat lunak Learning Management System (LMS) yang disebut Moodle. Moodle merupakan perangkat lunak open source yang mendukung implementasi e-learning dengan paradigma terpadu dimana berbagai fitur penunjang pembelajaran dengan mudah dapat diakomodasi dalam suatu portal e- learning.

Fitur-fitur penting penunjang pembelajaran tersebut misalnya: tugas, quiz, komunikasi, kolaborasi, serta fitur utama yang dapat meng-upload berbagai format materi pembelajaran.  Untuk pengembangan Moodle ini selain Moodle  sendiri  juga  diperlukan, MySQL,  Notepad++ yang berfungsi mengedit Script PHP.


Full Text:

PDF

References


Pressman, Roger. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak pendekatan praktisi.Yogyakarta : Penerbit Andi.

Prakoso, Setiyo. (2005). Membangun e-learning Dengan Moodle. Andi Opsett. Jakarta.

Madcoms, 2008, Teknik Mudah Membangun Website dengan HTML, PHP , dan MYSQL. Madiun : Andi.

Lesmana, Surya, 2013, 2 Jam Bisa Bikin Web E-Learning dengan Moodle, Smart. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.